Cobain Nih! 5 Resep Takjil Kekinian Mudah Dibuat Cocok Buat Buka Puasa

HOBIKU.NET – Ramadan banyak dimanfaatkan oleh para pencinta kuliner berburu makanan lezat. Mulai dari takjil hingga makanan berat.

Pada Ramadan kali ini, berbagai makanan kekinian menjadi idola dan banyak diburu oleh masyarakat untuk berbuka. Seperti aneka es kekinian, hingga makanan berat seperti bakso beranak.

Nah, bagaimana jika sekarang kita membuat sendiri takjil kekinian di rumah? Dengan bahan yang mudah didapat dan resep yang simpel banget, kamu bisa bikin menu buka puasamu semakin meriah.

Yuk, simak 5 resep membuat takjil kekinian, yang sudah dihimpun dari berbagai sumber di bawah ini.

Sate pisang nugget

Bahan:
8 buah pisang matang (jenis apa saja)
100 gram tepung terigu
150 gram tepung roti
Minyak goreng
Selai coklat sesuai selera, lelehkan
8 tusuk sate

Pencelup, aduk rata:
2 sendok makan tepung terigu
1 sendok makan tepung beras
1/4 sendok teh garam100 ml air

Taburan:
2 sendok makan kacang almond, cincang

Cara membuat:
Pertama, campurkan bahan pencelup. Selanjutnya, ambil 1 buah pisang, balurkan dengan tepung terigu kemudian celupkan ke dalam bahan pencelup. Balur kembali dengan tepung roti hingga menutupi semua permukaannya.

Kemudian, goreng pisang dalam minyak panas hingga matang dan kecoklatan. Angkat, tiriskan. Dinginkan pisang dalam freezer sampai mengeras.

Tusukkan pisang goreng dengan tusuk sate. Celupkan ke dalam selai coklat seluruh permukaannya lalu taburi dengan kacang almond.

Es kepal milo

Bahan:
5 saset milo bubuk
2 saset krimer kental manis
Air
Es batu serut

Topping:
Oreo
Keju
Chocolatos
Milo crunch

Cara membuat:
Campurkan bahan menjadi satu, kemudian siapkan es serut masukan dalam plastik es, lalu bentuk bulat. Setelah itu, siapkan mangkok milo crunch (keluarkan isinya), masukan es serut dan beri adonan milo, lalu beri topping di atasnya. Es kepal milo siap disajikan.

Es mambo susu kotak

Bahan:
Susu UHT

Kalau yang ini mudah banget cara bikinnya. Bahannya hanya menggunakan susu UHT kotak varian apa saja dan ukuran apa saja sesuai selera.

Sebelum dibekukan, kamu harus cuci bersih kemasan terlebih dahulu agar terbebas dari kotoran selama dijual di toko.

Lalu untuk langkah terakhir, simpan susu yang telah dicuci di dalam freezer selama semalaman agar susu membeku dengan sempurna. Gampang banget kan?

Es Beng-beng

Bahan:
5 beng-beng
2 saset krimer kental manis
5 stik es krim
Air dingin
Susu UHT full cream secukupnya

Cara membuat:
Campur krimer kental manis, air, dan susu UHT, aduk rata dan sesuaikan rasanya lalu sisihkan. Kemudian potong beng-beng sesuai selera lalu masukkan kembali ke kemasannya. Beri stik es krim, lalu tuang campuran susu ke kemasan beng-beng dan masukkan ke freezer selama semalaman.

Churros

Bahan:

250 ml air
50 gram margarin
1 sendok makan gula pasir
1/4 sendok teh garam
150 gram terigu
1/2 sendok teh vanili
1 butir telur besar
Minyak goreng secukupnya

Bahan taburan:
Gula pasir halus atau coklat leleh

Cara membuat:
Campur air, gula, margarin, kemudian rebus sampai larut. Selanjutnya, masukkan tepung dan vanilli, aduk cepat.
Nyalakan api kecil, aduk kembali adonan sampai rata dan tidak lengket.

Biarkan adonan sampai hampir dingin lalu masukkan telur dan aduk rata. Selanjutnya, masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang telah diberi spuit (cetakan).

Panaskan minyak dengan api sedang, kemudian spuit adonan di atas minyak panas. Gunakan gunting bersih untuk memotong adonan dengan panjang sesuai selera. Terakhir, goreng sampai kecoklatan, angkat dan beri taburan sesuai selera.

Gampang kan! Gimana, tertarik membuatnya?