6 Fakta Unik dan menarik di jepang yang harus kalian tau

musim-bunga-sakura-jepang-107e

HOBIKU.NET – Jepang dikenal sebagai negara maju karena kegigihannya dalam membangun, sudah banyak negara – negara di seluruh penjuru dunia mengakui itu. Kemajuan negara jepang yang begitu pesat menginspirasi banyak menginspirasi negara – lain. Negara jepang juga dikenal akan kedisiplinannya yang nomor 1. Kenapa bisa begitu? Apakah kita bisa mengikutinya ?

Daripada cuma baca komik atau nonton anime jepang aja, sesekali coba sesekali gaya hidup Masyarakat di jepang yang membuat mereka selalu terdepan. Kali ini Hobiku akan mengulas tentang kebiasan positif atau fakta menarik Masyarakat di jepang yang belun tentu kalian ketahui yang layak kita contoh.

1. Trasportasi Favorit Masyarakat Jepang

Eskalator sepeda di jepang. Foto: INT

jepang di kenal dengan negara produsen mobil. Mobil yang di produksi jepang juga tak dapat diragukan lagi. Walaupun demikian, masyarakat di jepang lebih suka menaiki sepeda sebagai alat Trasportasi. Bahkan banyak juga penyewaan sepeda di jepang. Selain banyaknya tempat penyewaan sepeda di tempat – tempat publik di jepamh juga menyediakan eskalator khusus sepeda,  untuk lebih memanjakan warganya di negara ‘ramah sepeda’tersebut.

2. Jarangnya Keterlambatan Kereta

Kondektur kereta meminta maaf kepada penumpang karena keterlambatan jadwal kereta. Foto: INT

Jepang juga di bilang dengan kedisiplinannya yang baik. Begitu juga dengan layanan masyarakat yang diberikannya. Keterlambatan jadwal kereta adalah hal yang jarang terjadi di jepang, namun sesekalinya hal itu terjadi, mereka menanganinya dengan serius. Kondektur kereta akan berjalan ke gerbong – gerbong dan secara personal meminta maaf kepada menumpang. Bagian terhebatnya mereka juga memberikan surat keterangan ‘keterlambatan’ pada penimpang, untuk diberikan ke kantor/sekolah masing – masing sebagai bukti mereka terlambat karena kesalahan jadwal kereta.

3. Para pegawai diwajibkan tidur siang

Kebiasaan karyawan jepang tidur siang di kantor. Foto: Int

Di Indonesia jika melihat karyawan ketahuan tidur siang di kantor oleh bos mungkin akan dimarahi atau setidaknya ditegur. Berbeda dengan di Jepang, justru para bos mewajibkan pegawainya untuk tidur siang. Hal tersebut menunjukkan bahwa para bos menghargai kerja keras mereka.

4. Sewa tamu undangan pernikahan

Sewa tamu untuk meramaikan pernikahan di jepang. Foto: INT

Di Jepang, jika kamu sedang melangsungkan resepsi pernikahan dan tamu undangan yang datang sedikit, kamu bisa memanfaatkan jasa penyewaan tamu undangan pernikahan. Jadi, tidak perlu khawatir acara pernikahan akan sepi, jasa penyewaan tersebut akan membawa tamu undangan untuk meramaikan acara kamu.

5. Menyeruput Mie dengan Suara Keras Adalah Sebuah Pujian

Menyeruput Mie dengan Suara Keras Adalah Sebuah Pujian. Foto : INT

Bagi orang Jepang menyeruput mie ramen atau mie soba dengan suara yang cukup keras itu berarti merupakan sebuah pujian bagi sang pembuat mie. Sebab dengan menyeruput mie keras-keras itu berarti mie yang sedang dimakannya adalah makanan yang sangat lezat.

6. Para Siswi di Jepang Wajib Memakai Rok Mini 5 Inchi di Atas Lutut

Salah satu fakta unik lainnya dan juga aneh di Negara Jepang adalah peraturan yang mewajibkan para siswi sekolah di Jepang untuk memakai rok pendek dengan 5 inchi di atas lutut. Karena Jepang adalah negara di kawasan Asia yang sangat terkenal dengan gaya/modis dan mengutamakan fashion dalam berbagai kesempatan. (abdu/hobiku)