Jadi Aplikasi Inilah yang Menyebabkan Kouta Internet Cepat Habis

orang kesel kouta cepat habis

HOBIKU.NET – Smartphone merupakan salah satu barang elektronik canggih yang senangtiasa menemani waktu luang kalian. Namun ada kalanya smartphone membuat para penggunanya stress, diantaranya faktor utamanya masalah kouta internet yang cepat habis.

Apalagi jika diantara kalian yang gemar berselancar di dunia maya melalui akun sosmed milik Anda atau bermain game online, tentu sudah hal wajib untuk memiliki kouta ekstra. Maka tak jarang para pengguna smartphone mengeluhkan borosnya pemakaian kouta internet meskipun banyak layanan provider internet mobile yang memberikan paket-paket kouta tertentu dengan harga yang hemat.

Tetap saja hal tersebut tidak berpengaruh sama sekali jika kalian pengguna smartphone yang cerdas sudah tentu memperhatikan beberapa aplikasi tertentu yang menyedot kouta lebih boros selama pemakainya. Sudah pasti jika tidak memperhatikan secara detail mengenai aplikasi apa saja yang membuat kouta dan isi kantong Anda jebol.

Berikut beberapa aplikasi smartphone yang menyebabkan kouta Anda cepat habis meskipun sudah menggunakan paket layanan internet hemat dari operator selular kalian, seperti dibawah ini:

1. Game Online

Game online tentunya salah satu aplikasi wajib yang ada di smartphone berfungsi untuk mengusir waktu jenuh atau luang. Tanpa disadari bermain game online di smartphone dapat membuat kouta internet cepat habis. Rata-rata para pengguna smartphone yang gemar bermain game online sering kali menghabiskan waktu berjam-jam untuk memainkannya, jadi wajar saja jika kouta internet kalian cepat habis ditambah game yang memiliki grafis yang tinggi. Untuk mensiasati hal ini tidak ada salahnya kalian mencoba atau beralih game offline yang tidak kalah serunya dengan game online.

2. Upload Video dan Foto di Sosmed

Kadang kala ada foto-foto atau video yang kurang cocok rasanya sering kali kita melihat selalu diabadikan dalam akun sosmed oleh orang-orang tertentu. Hal inilah yang paling sering dilakukan oleh para pengguna smartphone dimanapun berada. Sebenarnya tanpa disadari dengan terlalu sering mengupload foto juga bisa membuat kouta internet boros. Tidak hanya foto saja, video pun sama saja sering kali diunggah oleh rata-rata pengguna smartphone. Padahal dalam mengupload video dengan format HD setidaknya bisa menghabiskan kouta 200 MB per menit, itulah yang menyebabkan kouta cepat boros. Dan untuk menyiasati hal ini, tidak ada salahnya Anda menggunakan fasilitas Wifi disekitar kalian.

3. Video Call

Video call merupakan cara jitu bagi pengguna smartphone untuk melepaskan rasa rindu kepada keluarga yang jauh dari keberadaan mereka. Apalagi banyak aplikasi chat sekarang ini yang sudah memiliki fitur video call. Meskipun menggunakan video call itu sangatlah mengasikan tanpa kalian sadari hal tersebutlah yang menyebabkan kouta internet mendadak surut alias boros. Pasalnya, dalam melakukan video call setidaknya membutuhkan data internet bisa mencapai 5 MB bisa dibayangkan jika kalian video call berjam-jam lamanya yang sudah pasti banyak menggunakan data sehingga kouta kalian habis tanpa disadari. Sebaiknya tinggalkan kebiasaan video call terlalu lama, gunakanlah seperlunya saja. Atau kalian bisa memanfaatkan Wifi disekitar Anda jika ingin video call selama dan semau kalian.

4. Streaming Video dan Musik

Sekarang ini tentunya sudah banyak layanan penyedia streaming gratis untuk mendengarkan musik atau melihat video favorit kalian. Terutama bagi kalian yang sering mendengarkan musik di soundcloud, meskipun disana terdapat banyak jenis lagu dan kualitas suara yang jernih namun jika terlalu sering menggunakannya bisa membuat kouta internet kalian habis. Dan bagi Anda yang juga sering menonton video melalui youtube sudah dipastikan lebih banyak kouta pada setiap menit dari video yang kalian lihat.

5. Aplikasi Terdapat Banyak Iklannya

Sudah bukan hal umum jika Anda mendownload suatu aplikasi tertentu didalamnya pasti terdapat iklan yang sering kali menganggu kalian disaat mengunakannya, terutama aplikasi yang didownload tersebut bersifat gratis. Jadi wajar saja jika para penggembang aplikasi memasang iklan didalam sana untuk menambah penghasilan, namun apabila terlalu banyak iklan didalam aplikasi gratis tersebut juga bisa menyebabkan kouta internet boros karena setiap iklan itu nantinya akan melakukan redirect otomatis ke situs tertentu tanpa kalian sadari.

Itulah 5 aplikasi pada smartphone paling sering digunakan yang dapat menyebabkan kouta internet cepat habis. Setidaknya kalian tentu sudah tahu aplikasi mana yang dapat bocornya kouta Anda, maka dari itu mulai dari sekarang gunakanlah aplikasi di smartphone kalian dengan bijak. (cid/hobiku)