News

Awal Tahun Diawali dengan Femomena Super Moon

HOBIKU.NET – Malam ini tanggal 2 Januari 2018, Bulan Purnama berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi. Peristiwa ini dikenal dengan nama Super Moon. Bulan Purnama Perigee atau yang sering kita kenal dengan nama Super Moon ini merupakan fenomena yang sangat menarik, dimana Bulan Purnama berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi. Secara astronomis peristiwa ini akan membuat Bulan Purnama akan tampak 14% lebih besar dan 30% lebih terang dari biasanya.

Pada tanggal 2 Januari, fenomena Supermoon ini mulai bisa dilihat pada pukul 04:48 WIB. Sayang, fase puncak Supermoon ini tak dapat dilihat karena bulan sudah terbenam di wilayah Indonesia. Puncak purnama terjadi lima jam berikutnya pada pukul 09:24 WIB.

BMKG menyebut masyarakat sudah bisa mulai menikmati Supermoon sejak 1 Januari 2018 malam. Bulan akan berada pada jarak terdekatnya dari Bumi pada tahun 2018, yaitu sejauh 356.565 km.

Sementara fase Supermoon berikutnya akan dimulai pada 30 Januari 2018 pukul 16:56 WIB. Jarak bulan dan bumi terpaut 2 km dari sebelumnya.

“Bulan berada di perigee sejarak 358.993 km.”

Beruntung puncak fase purnama Supermoon ini dapat dilihat di malam hari. Puncak Supermoon ini terjadi pada 31 Januari 2018 pukul 20:26 WIB.

Kejadian Supermoon di akhir Januari ini banyak ditunggu karena karena akan disertai dengan gerhana bulan total. Gerhana diperkirakan akan terjadi dari awal malam hingga tengah malam.

Gerhana dapat diamati dari seluruh Indonesia. Gerhana total ini akan terjadi selama satu jam 16 menit yang menyebabkan Bulan akan berwarna merah. (abdu/hobiku)

 

To Top