Belajar Arah Cahaya Lighting Fotografi

BELAJAR FOTOGRAFI

Image Gallery lighting black background Sumber Keywordsuggest.org

Memahami cara kerja dan arah cahaya adalah modal utama seorang fotografer. Seperti kata “fotografi” sendiri – yang berasal dari bahasa latin; fotos=cahaya dan grafos=tulisan. Jadi fotografi berarti proses merekam komposisi cahaya dalam memori kamera.

                                                                                 Rembrandt lighting for creating dramatic Sumber pinterest.com

Maka apa jadinya jika seorang juru kamera buta akan wawasan soal pencahayaan. Pasti yang akan dihasilkan adalah foto-foto berkualitas rendah alias asal terang kan? Karena itu pada kesempatan ini  kita akan berdiskusi soal arah cahaya dan efeknya pada obyek. Jadi yuk, kita belajar lighting fotografi lagi dan dalam pembahasan kali ini, kita fokuskan pada masalah arah cahaya dan efeknya pada obyek.

Fotografer Indonesia dalam fotografi cahaya tidak hanya berfungsi untuk menerangi sebuah obyek. Namun lebih luas dan kompleks. Dalam bahasa sederhana, lewat cahaya kita bisa menciptakan karakter, emosi, serta ekspresi pada obyek yang ingin dihadirkan. Ibarat pelukis yang menorehkan catnya pada kanvas dengan tebal/tipis cat, maka demikian juga dengan seorang fotografer. Lewat permainan cahaya, seorang fotografer menciptakan “suasana” pada karyanya.

Seperti tampak pada gambar cheat sheet pencahayaan di bawah ini, tiap sudut datangnya cahaya memberikan efek berbeda pada model. Ekspresi misteri, gembira, tegas, serta puluhan ekspresi lainnya bisa diciptakan lewat memainkan sudut datang cahaya pada obyek.

                                                       Cheat sheet ini menerangkan secara jelas sudut datangnya cahaya secara horizontal dan vertikal

Skema cheat sheat diatas tentunya hanya menggunakan satu sumber cahaya dan hanya dengan menggunakan flash sebagai sumber cahaya. Maka bayangkanlah jika kita menggunakan 2 sumber cahaya atau lebih. Fikirkan juga pengunaan aksesori lighting semisal softbox, honeycomb, atau reflektor. Pasti hasil karya yang dihasilkan tambah keren kan!

Nah sekarang coba amati berikut di bawah ini. Cheat sheat di bawah ini memperlihatkan permainan sudut datang cahaya, namun sudah diperkaya proses pemotretannya menggunakan beragam aksesori lighting.

                                            Penggunaan aksesoris lighting memperkaya ekspresi foto

Jika sudah paham teori cahaya, maka kita akan dengan mudah mengaplikasikan ilmu ini pada berbagai kondisi. Cahaya matahari, cahaya lilin, lampu mobil, atau aneka sumber cahaya bisa digunakan untuk menyalurkan gagasan.

                   WEDDING PHOTOGRAPHY AT WHATLEY MANOR | SHOT OF THE DAY Sumber markleonardphotography.co.uk

Sementara foto di bawah menggunakan cahaya lilin sebagai sumber cahaya. Hasilnya tetap keren kan!

                                                 Tiffany by Candlelight Sumber everystockphoto.com

Nah, jadi intinya penguasaan arah lighting mutlak dimiliki seorang fotografer. Lewat pemahaman yang kuat akan hal ini pastinya akan mempermudah kita untuk menampilkan ekspresi pada karya. Selamat berkreasi!