Lifestyle

Benarkah Olahraga Dapat Membuat Stress Hilang ?

HOBIKU.NET – Setiap orang pasti pernah mengalami stres, baik ringan maupun berat. Pemicu stres itu sendiri datang dari permasalahan yang dialami sehari-hari. Permasalahan dengan pekerjaan, keluarga atau pun teman adalah beberapa contoh pemicu orang menjadi stres.

Secara fisik, ketika seseorang mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol dan epineprin. Kedua hormon tersebut merupakan hormon depresan yang mampu meningkatkan energi dan tekanan darah bersamaan ketika seseorang menerima tekanan. Ketika kedua hormon tersebut diproduksi oleh tubuh secara terus-menerus maka akan menyebabkan gangguan fisik. Gangguan fisik berupa diabetes, tekanan darah tinggi, serta penurunan kekebalan tubuh bisa terjadi.

Stres ringan maupun berat tetap harus dikelola dengan baik. Banyak cara dilakukan orang untuk mengelola stres. Orang biasanya melakukan beberapa aktivitas seperti berbincang dengan keluarga, tidur, menonton TV atau film, makan, dan mendengarkan musik. Namun salah satu cara yang cukup efektif ketika seseorang ingin mengelola stres adalah dengan berolahraga.

MENGELOLA STRES DENGAN BEROLAHRAGA

Olahraga dapat menurunkan meningkatnya hormon kortisol dan epineprin. Sebagai gantinya, hormon norepineprin akan diproduksi sebagai antidepresan. Olahraga yang dilakukan secara rutin akan sangat efektif untuk menurunkan kedua hormon tersebut. Bahkan, melalui olahraga yang rutin tubuh akan memproduksi hormon serotonin dan endorfin yang dikenal sebagai hormon bahagia.

Beberapa pilihan olahraga yang bisa dipilih untuk menurunkan stres, sebagai berikut:

  1. Jalan Kaki

Jalan kaki adalah salah satu olahraga yang paling mudah dan murah. Mudah karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sedangkan murah karena kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk dapat berjalan kaki. Selain mudah dan murah, jalan kaki akan membuat tubuh merasa lebih tenang, terutama berjalan di lingkungan yang hijau dan penuh pepohonan. Untuk meningkatkan manfaat jalan kaki, kita dapat melakukannya dengan teman atau orang terdekat agar lebih efektif. Hal ini dikarenakan berjalan kaki bersama orang terdekat akan memberi dukungan bagi kita sehingga stres yang dialami akan berkurang.

  1. Berlari

Olahraga ini juga tergolong olahraga yang mudah dan murah. Sama seperti berjalan kaki, dengan berlari kita mendapatkan beberapa manfaat. Berlari secara rutin akan mengurangi kecemasan karena hormon endorfin akan meningkat. Berlari juga dapat membuat tidur lebih nyenyak, menajamkan pikiran dan meningkatkan nafsu makan.

  1. Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang bisa dilakukan dimana saja. Ketika seseorang bersepeda ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan, yaitu menambah kekuatan tubuh, peningkatan kekuatan kardioviskular, meningkatkan energi dan mengurangi stres. Sebagai tambahan, bersepeda bersama orang terdekat akan membuat seseorang menjadi lebih rileks.

  1. Berenang

Bagi seseorang yang bisa dan senang berenang, ini merupakan salah satu alternatif mengurangi stres. Dengan berenang, seseorang akan membakar kalori berlebih dan menjadi lebih berenergi. Ketika sesorang merasa jenuh dengan aktivitas yang penuh dengan tekanan, maka sensasi air yang dirasakan saat berenang dapat membuat diri merasa lebih rileks. Selain itu, bagi seseorang yang malas berkeringat saat olahraga, berenang adalah pilihan yang tepat.

  1. Yoga

Yoga adalah salah satu jenis olaharaga yang saat ini sudah tidak asing lagi. Banyak orang saat ini mulai melakukan Yoga untuk berbagai tujuan, seperti diet dan hidup sehat. Selain itu, Yoga juga dapat mengurangi stres yang dialami manusia. Hal ini dikarenakan Yoga mampu menyeimbangkan kinerja otak. Yoga juga mampu membuat tidur lebih nyenyak dan memperbaiki mood. (www.piah.com/Geri Haryanto)

To Top