Berolahraga Sambil Menjalankan Sunah

HOBIKU.NET – Panahan menjadi olahraga yang terbilang baru di Indonesia. Popularitasnya belakangan mulai meningkat, karena memang terlihat keren.

Film layar lebar ‘Tiga Srikandi’ bisa jadi juga mendongkrak popularitas panahan. Yakni bercerita tentang perjuangan tiga pemanah putri Indonesia untuk meraih medali di ajang Olimpiade.

Yang perlu diketahui, panahan ternyata salah satu olahraga yang dianjurkan dalam agama Islam. Panahan menjadi Sunah Nabi Muhammad selain berenang dan berkuda.

Di beberapa kota besar, sejumlah tempat berlatih panahan  terus melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang manfaat olahraga yang satu ini. Peminatnya mulai dari orang dewasa hingga anak-anak.

Di Jakarta sendiri olahraga memanah kurang begitu diminati secara umum, karna terbatasnya lahan yang tersedia untuk olahraga tersebut, untuk mengsiasati kurangnya lahan yang tersedia, Coach Wildan dkk memanfaatkan lahan yang tersedia di bilangan Jakarta Barat, tepatnya di Jl. H. Aseni Raya No.9, RT.10/RW.8, Semanan, Kec. Kalideres, dan mendirikan sebuah club memanah pertama di wilayah kecamatan Kalideres.

Semanan archery club (Smack Archery), club memanah yang di dirikan oleh Coach Wildan dkk pada tahun 2017, sekarang sudah memiliki banyak member dari dewasa hingga anak – anak.

@smack.archery

“Pada awalnya kami banyak mendapatkan banyak kendala untuk melakukan kegiatan olahraga ini, mulai dari perijinan hingga warga yang selalu menyangkutpautkan olahraga memanah dengan kegiatan terorisme, alhamdulillah setelah kami beri beberapa penjelasan tentang olahraga ini warga sekitar mulai menerima olahraga panahan ini.” ungkap Coach Wildan saat di tanya oleh crew Hobiku.net.

“Selain untuk olahraga kami juga mengikuti anjuran Baginda Nabi Besar Muhammad Sallallahu Alaihi Wassalam. Hal ini makin dikuatkan dari beberapa hadis Rasul yang menyebutkan soal memanah. ”Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,” (HR Bukhari, Muslim). Kami mendirikan ini bukan untuk kegiatan terorisme, tetapi untuk membina generasi muda ke arah yang lebih baik, siapa tau kedepannya salah satu dari member kami bisa masuk Pelatnas dan bisa mengharumkan nama bangsa.” imbuhnya.

@smack.archery
@smack.archery
@smack.archery
@smack.archery
@smack.archery
coach Widhi saat memberikan pengarahan dan pemanasan

“Beberapa waktu yang lalu kami sempat mendapat kunjungan dari Camat Kalideres beserta jajarannya, mereka mengapresiasi kegiatan kami dan menyempatkan diri untuk bermain panahan bersama kami. Dalam waktu dekat kami akan mengadakan acara semacam ujian untuk member kami.” pungkasnya.

Untuk yang masih penasaran dan ingin mencoba olahraga panahan bisa langsung dateng ke Jl. H. Aseni Raya No.9, RT.10/RW.8, Semanan, Kec. Kalideres, selain bisa berolahraga kalian juga bisa menikmati kopi dengan suasana tempat yang asik. (arie/hobiku)