Bukan Hanya Perhelatan Perayaan Budaya Jepang Saja, Little Tokyo Ennichisai Dinilai dapat Bangkitkan Pelaku Ekonomi Kecil dan Menengah

HOBIKU.NET – Perhelatan Budaya Jepang Little Tokyo Ennichisai yang digelar di wilayah Blok M, Jakarta Selatan, dinilai dapat membangkitkan pelaku ekonomi kecil dan menengah. Masyarakat pun berbondong-bondong tak ingin kehilangan momen yang juga diwarnai cosplay, tokoh-tokoh anime pada acara yang dihelat, Minggu (23/6/2019).

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji. Isnawa menuturkan, pada Festival Ennichisai 2019 ini menghadirkan kuliner Jepang. Sehingga dapat menarik minat ekspatriat terutama Warga Negara Jepang yang bekerja di Jakarta untuk menikmati acara layaknya seperti di kampung halaman.

”Di Festival Ennichisai ini kita bisa memperkenalkan budaya dua negara baik Jepang maupun Indonesia dan selalu menjadi daya tarik warga setiap tahunnya. Semoga rutinnya pagelaran festival ini dilaksanakan, temen-temen mancanegara yang tau informasinya juga ikut berkunjung meramaikan. Target untuk pengunjung WN Jepang 40 persen, ya pekerjanya, pelajarnya biasanya kemari,” tutur Isnawa, Sabtu (22/6/2019) siang.

Isnawa mengimbau, agar setiap booth menyediakan tempat sampah dan agar dapat mengurangi kantung sampah plastik juga sedotan. Dia berharap, dapat mendongkrak dunia pariwisata, selain dekat dengan pusat perbelanjaan di Melawai.

”Langkah kecilnya mengurangi sampah. Sehingga membuat kawasan tetap bersih dan tertib,” harapnya.

Ketua Asosiasi Pengusaha Hiburan Jakarta (ASPHIJA), Hana Suryani menambahkan, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat diikuti oleh wilayah lainnya.

”Kan bisa mengenalkan satu sama lain budaya. Kuliner Betawi dengan kuliner Jepang. Sehingga terjadi kolaborasi antarbudaya,” ujarnya.

Hana menambahkan, pada event yang dihelat juga sekaligus menyambut HUT DKI Jakarta ke-492 juga dilakukan kompetisi cosplay, yang diikuti oleh puluhan komunitas.

Dalam kegiatan ini, lanjut Hana, juga berdampak pada ekonomi para pelaku UMKM, karena diikuti sebanyak 120 booth.

”Yang pasti ekonomi UMKM bergeliat lagi, membangkitkan ekonomi kecil dan bagaimana kita juga mengangkat warna baru di sini. Karena selama ini kan melulu tradisional yang diangkat. Anak millenial pun suka seperti halnya seni, budaya dan kuliner Jepang,” sambungnya.

Sementara, Pembina Festival Ennichisai 2019, Syahrul Effendi menyebutkan, pada festival tahun ini ditargetkan dapat mencapai lebih dari 300 ribu pengunjung selama perhelatan yang dilangsungkan selama dua hari.

”Berbeda dari tahun lalu, festival Ennichisai 2019 ini terlihat sangat tinggi antusiasme dari pengunjung sejak hari pertama, dalam dua hari pasti bisa melebihi tiga ratus ribu pengunjung,” kata pria yang juga mantan Wali Kota Jakarta Selatan.

Salah satu pengunjung, Youris, 31, mengungkapkan, Festival Ennichisai selalu memiliki daya tarik yang berbeda setiap tahunnya. Kesukaannya pada pernak-pernik khas Negara Sakura tersebut membuat dia tak pernah meninggalkan momentum festival ini setiap tahunnya.

”Terus kita bisa langsung melihat cosplay, dan anime,” tutupnya.