Bukan Hanya PUBG Saja, Inilah Deretan Game yang Juga Haram di Aceh

HOBIKU.NET – PlayerUnknown’s Battleground (PUBG) ternyata bukan satu-satunya game yang dilarang oleh Majelis Pemusyawaratan Ulama (MPU) Aceh. Jajaran game lainnya juga ternyata mendapat perlakuan serupa.

Dikutip dari berbagai media, berikut ini adalah daftar lengkap game yang menerima fatwa haram dari MPU Aceh.

PlayerUnknown’s Battleground (PUBG)
Mobile Legends: Bang Bang
Free Fire
Lords Mobile: Battle of Empire
Clash of Kings
Rise of Kingdoms
Lineage 2 Revolution
Ragnarok M: Eternal Love
Crisis Action
Modern Combat 5: Blackout
Call of Duty: Heroes
Blitz Brigade
Point Blank Mobile
FinalShot.

Sama seperti alasan fatwa haram untuk PUBG, game-game tersebut dianggap mengandung unsur kekerasan, mengganggu kesehatan, kecanduan, dan kemudharatan lainnya sehingga membuat perilaku anak-anak menjadi tidak baik.

Pihak Tencent di Indonesia selaku pengembang PUBG sendiri masih bungkam soal fatwa haram yang dikeluarkan untuk game-nya itu.

Sebelumnya, keputusan fatwa haram tersebut diputuskan dalam sidang paripurna ulama III tahun 2019, melibatkan 47 ulama anggota MPU Aceh serta sejumlah para ahli. Awalnya hanya heboh untuk game PUBG, tetapi ternyata berlaku juga untuk banyak game lainnya.

Salah satu tim eSports tanah air, RRQ mengaku kecewa atas fatwa haram untuk game yang seolah dinilai hanya dari sisi negatifnya saja. Padahal, menurut Andrian Pauline, CEO RRQ banyak sisi positif yang bisa didapat dari bermain game.

“Kalau memang seperti itu peraturannya di Aceh, semoga tidak terjadi di daerah yang lain,” ujarnya, Minggu (23/6), di Jakarta.

Aceh memang salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kewenangan khusus untuk mengatur daerahnya. Terutama soal penerapan syariat-syariat Islam dalam menjalankan setiap aktivitasnya.