Bukan Turnamen E-Sport Biasa, Inilah Dampak Grand Final SEACA 2019 Bagi Ekonomi Negara Kedepannya!

HOBIKU.NET – Grand Final UniPin SEACA 2019 hari ini resmi dibuka, Jumat (8/11/2019) di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta.

Acara pembukaan SEACA 2019 sendiri dihadiri oleh Ashadi Ang selaku CEO Unipin, Jendral Purnawirawan Marciano Norman selaku ketua umum KONI, dan juga Yuni Poerwanti selaku Plt. Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, serta Bambang Sunarwibowo selaku perwakilan dewan pendiri PB Esports.

Sebanyak 66 tim yang berasal dari 24 kota di Indonesia serta beberapa negara di Asia Tenggara akan bertanding mulai 8 hingga 10 November 2019.

Adapun total hadiah yang diperebutkan untuk mendapat gelar juara pada turnamen SEACA kali ini mencapai total Rp2,4 miliar.

“Perkembangan esport di global sudah sangat pesat, di Tanah Air juga menunjukkan trend yang positif. Dengan banyaknya turnamen esport ini mendukung banyak aspek. Esport juga mendukung pariwisata. Dari 464 finalis ini terdiri dari berbagai kota dan negara. Selain itu, eSports juga mendukung lapangan pekerjaan baru seperti caster, content creator, cosplayer dan gamer pro player,” kata Ashadi Ang dalam sambutannya di acara pembukaan SEACA 2019.

Lebih lanjut, Ashadi juga mengungkapkan bahwa eSports juga berfungsi mendukung ekonomi negara.
Pihaknya pun ingin mendorong platform eSport dengan turnamen SEACA.

“SEACA ini adalah gerbang bagi para gamer untuk naik kelas dari pemain amatir ke pro player. Nantinya setelah menjadi pro player lokal bisa merambah ke kancah internasional,” kata Ashadi.

Turnamen UniPin SEACA 2019 mempertandingkan 3 jenis game yang saat ini tengah populer yaitu diantaranya Free Fire, DOTA 2 serta PUBG mobile. UniPin mempersiapkan total hadiah sebesar Rp 2,4 Miliar.

“Tren global eSports saat ini mengalami pertumbuhan yang begitu pesat. Dalam hal ini UniPin telah menjadi pelopor ekosistem eSports di Indonesia. Oleh karena itu melalui platform turnamen yang kami miliki, dapat menjadikan UniPin SEACA 2019 sebagai sarana untuk mendorong perkembangan eSports di Indonesia,” ungkap CEO & Co-Founder UniPin, Ashadi Ang.

“UniPin SEACA 2019 akan menjadi gerbang bagi para pemain eSports di Indonesia untuk melangkah ke turnamen yang lebih besar di kancah internasional. Kami berterima kasih kepada para sponsor yang telah ikut berkolaborasi dalam kegiatan ini. Ke depannya, kami berharap dukungan yang lebih besar dari semua pihak, khusunya kepada pemerintah maupun pihak swasta agar ekosistem eSports di Indonesia semakin berkembang dalam memberikan kebanggaan bagi Tanah Air.” tutup Ashadi.