Inilah Cara Menjaga Kehalusan Kain Sutra yang Baik dan Benar

HOBIKU.NET– Sutra pada umumnya dikenal dengan kain yang sangat halus. Tentunya jika mempunyai pakaian yang berbahan sutra ini harus memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi dalam memperlakukannya, jika tidak hati-hati bisa rusak seketika.

Kesalahan paling banyak umumnya dalam menangani perawatan kain sutra adalah disaat pencucian dan penjemuran. Alangkah baiknya mengetahui lebih dahulu cara perawatan kain sutra sebelum membeli dan menyimpannya.

Langkah terbaik dalam pencucian kain sutra adalah dengan menggunakan tangan dan dilarang keras memakai mesin cuci. Hal ini dilakukan agar tidak mudah rusak, hindari mengucek atau menggosok terlalu keras.

Cucilah dengan cara yang halus dan lembut serta hati-hati. Selain itu mencuci dengan menggunakan tangan dapat juga membuat kain sutra tidak mudah kusut.Apabila terdapat noda membandel pada kaint sutra, jangan disikat terlalu keras.

Lebih baik letakkan sejumlah deterjen tepat pada noda membandel, kemudian gosok, rendam, lalu gosok lagi setelah itu baru dibilas. Cara ini terbukti ampuh mempermudah menghilangkan noda membandel pada kain sutra.

Tapi pemakaian deterjen bisa juga mempengaruhi kondisi kain sutra itu sendiri. Oleh karena itu, pililah deterjen khusus yang biasa digunakan untuk mencuci kain sutra. Biasanya deterjen ini bisa didapatkan di pusat perbelanjaan. Dan merek deterjen tertentu yang bisa mencuci kain sutra biasanya juga cocok digunakan untuk mencuci kain batik.

Untuk pembilasan kain sutra pada saat mencuci paling baik harus menggunakan air dingin. Bilaslah kain sutra hingga sabun cuci atau deterjen benar-benar hilang. Apabila ada sabun cuci yang masih menempel, tuangkan saja cuka pada bilasan terakhir selain itu cara ini juga membantu untuk menghilangkan deterjen.

Hindari memeras terlalu keras pada kain sutra. Untuk menghilangkan sisa-sisa kandungan air pada bilasannya, tutupilah kain sutra yang telah dicuci dengan handuk bersih. Tekanlah handuk bersih tersebut yang didalamnya terdapat kain sutra agar kandungan air didalamnya keluad dan menyerap pada handuk tersebut.

Lakukanlah beberapa kali cara tersebut hingga dirasa kandungan air dalam kain sutra benar-benar berkurang. Setelah itu barulah, kain sutra siap untuk dijemur.

Sebelum kain sutra dijemur, alangkah baiknya memilih lokasi menjemur yang teduh. Jika kain sutra dijemur langsung pada saat sinar matahari sedang terik bisa merusak keindahan dari kain sutra itu sendiri. Hindarilah pengeringan kain sutra dengan menggunakan mesin pengering. Cara pengeringan kain sutra terbaik adalah dengan cara diangin-anginkan.

Meskipun itu cara terbaik dengan diangin-anginkan dalam proses penjemuran namun kerap kali muncul masalah kain sutra kerap menggulung pada bagian ujungnya. Tapi tidak perlu khawatir, hal ini bisa ditangani pada saat proses menyeterika.

Hal yang perlu diperhatikan pada proses menyeterika kain sutra adalah dengan menggunakan suhu rendah. Lebih baik lagi dilapisi dengan kain agar seterika tidak langsung bersentuhan dengan kain sutra. Berikan tekanan pada bagian yang menggulung tadi agar lurus kembali. Simpanlah kain sutra tersendiri jangan dicampur dengan yang lainnya dan gunakan gantungan baju saat menyimpannya. (lay/hobiku)