Cara Mudah & Praktis Mengubah Lensa Kit menjadi Lensa Makro ( Budget <100 ribu )

maxresdefault 1

Lensa menjadi kebutuhan bagi seorang fotografer baik pelaku professional maupun penggemar fotografi yang hanya memotret untuk kesenangan saja. Salah satu lensa yang ada di daftar “kebutuhan” adalah Lensa Makro, lensa makro adalah lensa dengan kemampuan memperbesar objek hingga puluhan kali lipat dari bentuk asli yang terlihat oleh mata telanjang.

Namun, harga yang bisa dikatakan tidak murah untuk meminang sebuah lensa makro kadang membuat kita berfikir dua kali (ah mendingan duitnya buat beli yang lain aja deh) – begitu ujar mahasiswa seperti saya.

Tapi tidak usah khawatir, untuk anda yang memang ingin mencoba pengalaman baru dengan lensa makro seperti saya, saya akan berbagi trik “Mengubah lensa KIT anda menjadi sebuah replika lensa makro” yang tentu saja fungsional dan tidak bisa dibilang murahan karena ide kreatif ini menurut saya sangat keren.

Sebelum berlanjut ke proses membuat lensa makro, sempatkan untuk membaca artikel saya yang lainnya mengenai DIY Fotografi yang hemat biaya !

Salah satunya adalah membuat sendiri Lens Hood menggunakan gelas plastik, membuat cetakan bokeh dan membuat sendiri filter menggunakan plastik bening.

Lensa Makro Buatan dari Pipa ABS

Sumber pinterest.com

Bahan yang anda butuhkan :

– Pipa ABS diameter 32 milimeter (Potong sepanjang 10 cm)

Anda perlu meyiapkan pipa ABS dengan diameter 32mm atau sesuaikan saja dengan diameter pada lubang kamera anda, kemudian potong sepanjang 10cm menggunakan gergaji jangan lupa diamplas agar halus dan rapi.

– Estimasi Biaya :

Jika anda memiliki pipa ABS ini di rumah makan anda tidak perlu mengeluarkan biaya, namun jika terpaksa harus membeli maka harganya tidak lebih dari Rp. 50.000 namun menurut saya anda lebih baik mencari item ini di gudang hehehe.

– Tutup Depan Body Camera, dan Tutup Belakang Lensa

Bagian penutup ini sudah anda dapatkan ketika anda membeli kamera, tetapi jika hilang atau anda tidak memiliki 2 penutup ini anda bisa membelinya dengan harga yang terjangkau di toko kamera terdekat.

Alternatifnya adalah membeli secara online (jangan lupa sesuaikan penutup yang akan anda beli dengan type kamera dan lensanya)

– Estimasi Biaya :

Seperti yang saya sebutkan diatas, penutup body dan lensa ini sudah tersedia saat anda membeli kamera. Jika tidak ada, ada alternatif lain dengan membelinya secara online atau datang langsung ke toko kamera. Harganya relatif hehe, yang jelas tidak terlalu mahal.

– Plastic Steel, anda dengan mudah akan mendapatkannya di bengkel motor terdekat

Ini adalah perekat pengganti lem yang terdiri dari 2 bahan khusus yang akan merekatkan pipa ABS tadi dengan penutup lensa, cara menggunakannya sangat mudah anda cukup mencampurkan keduanya kedalam satu wadah kemudian diaduk hingga rata. Campuran akan mengeras dalam waktu 10-15 menit.

– Estimasi Biaya :

Anda bisa membeli item ini di bengkel motor terdekat dengan harga yang murah, saya mencoba mencarinya di toko online dan gambar diatas adalah hasilnya. Di toko online harganya hanya Rp. 9.500 🙂

Ini yang perlu anda lakukan,

  • Lubangi Penutup Lensa dan Penutup Body Kamera anda menggunakan Bor Listrik (Diameter lubang sekitar 3-4 cm)
  • Rekatkan pipa ABS tadi dengan penutup lensa dan penutup body kamera yang telah anda lubangi. Selanjutnya kita akan menyebut ini sebagai “Adapter Makro”.
  • Langkah selanjutnya, Pasang “Adapter Makro” ke kamera anda. Kemudian pasang lensa anda pada ujung satunya. So? Anda sudah memiliki lensa makro buatan sendiri tanpa harus mengorbankan budget jutaan rupiah.
  • Bagaimana dengan hasilnya? Siapkan diri anda untuk melihat hasil luar biasa dari pipa ABS hehe.