Cara Mudah Perawatan Burung Lovebird

love bird

HOBIKU.NET- Lovebird, merupakan salah satu burung yang paling digemari bagi orang pencinta dan hobi burung kicau di Indonesia. Burung yang berasal dari benua Afirka ini sangatlah berbeda dari jenis burung-burung lainnya.

Burung ini banyak digemari karena mempunyai karakter dan suara yang bisa dibilang memiliki keunikan tersendiri. Maka tak heran jika kita selalu menjumpai setiap rumah pasti ada saja yang memiliharanya. Namun, terlepas itu semua ternyata memlihara burung lovebird ini membutuhkan perawatan yang teratur.

Bahkan, diantara penyuka dan hobi burung kicau ada yang kurang begitu memahami karakteristik burung lovebird, padahal sebenarnya merawat burung lovebird ini boleh dibilang sangat mudah jika Anda menerapkan beberapa caranya seperti dibawah ini

Pertama hal yang harus diperhatikan adalah kandang burung lovebird. Kandang yang baik bagi burung lovebird ini harus berbahan besi pada bagian jeruji kandangnya. Selain itu jeruji besi harus dilapisi plastik untuk mencegah karat.

Untuk ukuran kandang yang idealnya setidkanya memiliki ukuran kurang lebih 25-35 Inci disertai didalamnya harus memiliki 2 pijakan kaki, hal ini dikarenakan burung lovebird dikenal sangat lincah dan sering berpindah-pindah pijakan. Dan untuk pijakan ini harus sesuai dengan cengkraman kaki jangan terlalu besar.

Lalu, kebersihan kandang juga harus diperhatikan karena burung lovebird rentang diserang penyakit snot yang mematikan. Selain itu, kandang yang kotor dapat menyebabkan penyakit mata pada burung lovebird.

Hal kedua adalah pakanan burung lovebird, untuk masalah ini tentunya makanan yang diberikan tidak boleh asal dan sembarangan dikarenakan burung ini memiliki pencernaan yang sangat sensitif. Makanan utama yang tepat bagi burung lovebird haruslah bercampur dengan biji-bijian.

Burung lovebird juga sangat menyukai makanan yang berasal dari beberapa jenis sayuran seperti kubis, buah apel, jagung manis, dan sawi. Memahami kebutuhan nutrisi bagi burung lovebird merupakan bagian dalam cara merawat lovebird sehari-hari. Selain itu hentikan pemberian makanan tertentu yang bisa menyebabkan burung mengalami alergi dan efek samping dari jenis makan yang diberikan tersebut.

Dan yang terakhir adalah menjaga mood dan melatih burung lovebird, pastinya setiap jenis burung apapun jika di dalam kandang tentunya mudah stress karena pada dasarnya habitat aslinya di alam bebas. Di karenakan untuk hobi, maka banyak penggemar burung kicau yang memelihara burung di sangkar.

Agar burung tidak mudah stress dibutuhkan perawatan ringan setiap harinya, seperti memandikan burung dengan menggunakan bak mandi burung atau disemprot dengan air. Dan untuk melakukan kegiatan memandikan burung idealnya pagi hari, lalu burung dijemur setidaknya kurang lebih 1 jam dan bagusnya sekitar pukul 8 atau 9 pagi.

Lakukan perawatan kecil ini setiap harinya agar burung tidak mudah stress. Selain itu bisa juga diputarkan suara masteran lovebird dari mp3 untuk melatih suara kicuan burung lovebird. Lebih bagus lagi jika didalam kandangnya diberikan berupa mainan seperti ayunan burung, bola warna-warni atau gelang burung. Hal ini dikarenakan burung lovebird sangat menyukai barang atau jenis warna yang mencolok. (rob/hobiku)