Cosplay Kabaret Majisuka Batang: Penggabungan Ide Jadikan Hasil Yang Mantap

IMG-20170805-WA0000

Apa yang kalian tahu tentang Cosplay Kabaret? Ada yang belum pernah sama sekali melihat pertunjukan Cosplay Kabaret? Cosplay Kabaret adalah drama yang dimainkan oleh Cosplayer. Biasanya mengambil cerita yang sudah ada pada manga/anime yang ada, atau bisa juga membuat alur cerita sendiri. Pemain cosplay Kabaret biasanya akan memakai kostum juga dandanan sesuai perannya agar terlihat semirip mungkin dengan karakter aslinya. Tak lupa juga menambahkan efek visual dan musiknya agar jalan cerita menjadi semakin bagus dan dramatis.

Adalah Widhi, salah satu pendiri Majisuka Batang (komunitas anime lovers di Batang) yang telah beberapa kali mengikuti event Cosplay Kabaret. Berawal dari mencoba untuk berani tampil di event-event jejepangan, kini Widhi semakin percaya diri untuk mengolah kemampuannya di bidang cosplay Kabaret.

Widhi (Character: Sora – No Game No Life)

Dalam cosplay Kabaret dituntut untuk bisa masuk kedalam karakter yang diperankan dan juga diharapkan pemeran harus kreatif didalam tim. Untuk konsep Cosplay Kabaret biasanya akan dirundingkan dalam satu tim. “Setiap orang punya ide yang berbeda-beda, biasanya kita akan jadikan satu kesatuan yang pas, sehingga hasil akhir akan bagus.” Ungkap Wihdi yang kini menjabat sebagai wakil ketua Majisuka Batang. Memang dalam hal ini kerja sama tim sangat diperlukan. Tiap member tim harus saling terbuka dan mau belajar satu sama lain agar penampilan Cosplay Kabaret jadi maksimal.

Untuk kostumnya, ternyata Widhi lebih percaya membuat di tukang jahit langganan nya. Selain harganya bisa lebih murah daripada kostum impor lainnya, kostum buatan penjahit lokal bisa lebih nyaman dipakai karena bahan yang dibuat bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Inilah yang membuat penampilan Widhi nampak menarik dari cosplayer lainnya. Kostum yang paling sering ia pakai adalah kostum Renji Abarai dari Anime/Manga “Bleach”. Widhi mengaku lebih sering mengenakan kostum tersebut karena tim Cosplay Kabaret nya juga sering menampilkan Kabaret dari Anime/Manga “Bleach”.

Character: Renji Abarai – Bleach

Didalam tim Cosplay Kabaret Majisuka Batang ternyata ada pembagian tugas dalam menyusun rencana cosplay Kabaret. Ada yang menyusun alur cerita, menyiapkan properti panggung, sampai musik latar, perekaman suara (dialog) dan efek visual. Widhi mengambil bagian olah akting dan perekaman suara dari tiap dialog karakter yang dimainkan. Dengan adanya pembagian tugas seperti itu, dinilai dapat membuat semua pekerjaan jadi teratur. Terbukti, ini membuat penampilan kelompok Cosplay Kabaret Majisuka Batang sukses. Beberapa kali menang diajang perlombaan antar kota membuat Majisuka Batang makin dikenal oleh masyarakat terutama pecinta kultur Jepang.

Foto member Majisuka Batang bersama Guest Star Echow Echo di Tegal Japanese Festival.
Cast Bleach – Majisuka Batang Cosplay Team

Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam persiapan Cosplay Kabaret. Kerja tim dan penyatuan ide merupakan item tidak boleh dilupakan. Tanpa kerja tim dan latihan yang serius tentunya tidak akan mendapat hasil yang maksimal. Lalu bagaimana dengan kalian? Tertarik menekuni dunia Cosplay Kabaret?

(Fira Iing/Hobiku.net)