Komunitas

Cosplay Tangerang, EO Event Jejepangan yang Didominasi Tangerang Otaku Community

cosplay tangerang

HOBIKU.NET – Cosplay Tangerang, begitulah nama komunitas pop culture Jejepangan yang rata-rata membernya berdomisili di daerah Tangerang dan sekitarnya. Berawal dari sebuah grup sosmed di facebook yang telah lama ditinggal sang pembuatnya, kini grup yang di kelola admin Budi Sagita perlahan tapi pasti telah membuat beberapa perubahan yang sangat signifikan.

Semulanya tidak ada aktivitas apapun hingga saat ini sudah mulai menunjukan kreativitas dari para member Cosplay Tangerang. Komunitas Cosplay Tangerang yang dahulunya tempat sekedar ngobrol atau share-share informasi anime dan kebudayaan Jepang lainnya.

Kini Cosplay Tangerang bersama dengan Tangerang Otaku Community secara besama-sama sudah banyak diantara member sudah terjun langsung untuk meramaikan event Jejepangan dengan bercosplay ala karakter anime favoritnya dan beberapa diantaranya sudah mandiri untuk membuat berapa armor atau kostum cosplay yang boleh dibilang kualiatasnya sangat bagus dan tidak kalah dari pembuatan kostum yang berasal dari luar negeri.

Tidak hanya sekedar meramaikan event Jejepangan saja, komunitas Cosplay Tangerang yang digawangi oleh Budi Sagita ini sudah merambah untuk membuat event Jejepangan sendiri. Hal ini bertujuan untuk mendorong anak-anak muda Tangerang dan sekitarnya yang bergabung dalam komunitas Cosplay Tangerang bersama dengan Tangerang Otaku Community untuk menuangkan bakat kreativitasnya di daerahnya sendiri  dengan cara membuat event secara mandiri.

“Daripada tidak ada kegiatan apa-apa dan tidak bermanfaat, sangat sayang sekali kreativitas di biarkan begitu saja, kenapa kita tidak membuat event sendiri dan langsung terjun di dalamnya,” ungkap Budi

Manfaat lainnya dari membuat event sendiri dengan mengatasnamakan komunitas Cosplay Tangerang dapat memberikan nilai positif untuk contoh ke depannya dari re-generasi anak-anak muda Tangerang yang memiliki minat dan hobi yang sama.

Serta ingin menunjukan eksistensi sekaligus mengenalkan ke masyarakat Tangerang sekitarnya, bahwa hobi dan pencinta Jejepangan itu adalah kegiatan positif yang tidak seperti apa yang dilihat negatif oleh kebanyakan orang.

Salah satu contohnya Cosplay yang selama ini dipandang sebelah mata itu tidak lah betul. Dengan adanya kegiatan event yang dibuat ini bertujuan untuk merubah pandangan negatif dan aneh yang selama ini sering diutarakan oleh orang-orang awam yang tidak mengerti cosplay itu apa.

Semenjak ide yang digagas oleh Budi Sagita ini, setidaknya ada beberapa event yang dibuat oleh Cosplay Tangerang yang menuai kesuksesan. Beberapa event-event yang telah diadakan Cosplay Tangerang, diantaranya ialah:

J-ANICO Fest 2016
KFC kalimalang 2016
Teraskota 2016
Maze Countdown Party 2016
Lunar New Year Festival 2017
Hobbies Days Out 2017 GDC Mall
Bellerosa Apartment Grand Opening Living World Tangerang 2017

Hampir setiap event yang diadakan oleh Cosplay Tangerang dimanapun dibuat selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung. Besar harapan dari impian dari Cosplay Tangerang ingin memajukan kreativitas mereka miliki sehingga menjadi sebuah industri kreatif yang terdiri dari anak-anak muda kota Tangerang dan sekitanya agar dikenal lebih dekat lagi setidaknya oleh masyarakat sekitar daerah Tangerang bahkan tidak tertutup kemungkinan di seluruh pelosok Indonesia.

“Kedepannya semoga Cosplay Tangerang bisa memberikan manfaat yang positif lagi bagi anak-anak muda disekitar Tangerang, bukan hanya Tangerang saja besar harapan kami bisa juga dirasakan untuk anak-anak muda lainnya diluar Tangerang dengan adanya kegiatan ini,” imbuh Budi ketika menyampaikan harapan kedepannya dari Cosplay Tangerang.

“Sehingga suatu saat nanti mudah-mudahan akan tercipta sebuah industri kreatif dari anak-anak muda Tangerang dan sekitanya bahkan di seluruh wilayah Indonesia yang diawali dengan kecintaan dan hobi dari cosplay kedepannya.” Tutupnya. (rob/hobiku)

To Top