Crows Figure Hobbies Indonesia, Komunitas Pencinta Action Figure Crows

CFHI

HOBIKU.NET – Crows Figure Hobbies Indonesia atau biasa disingkat dengan C.F.H.I merupakan suatu komunitas pencinta action figure bertemakan Crows. Crows mungkin sangat asing bagi orang awam namun jika mengingat Crows Zero tentunya lebih mudah dikenali oleh sebagian masyarakat di Indonesia melalui film live-actionnya asal Jepang ini ketimbang seri manga ataupun anime aslinya sendiri.

Komunitas Crows Figure Hobbies Indonesia ini sendiri didirikan oleh Naga Tjandara, yang dimana sebelumnya jauh berdirinya komunitas ini, ia telah bergabung lebih dulu di grup komunitas “All About Japanese Yankee” atau dikenal dan disingkat dengan AAJY.

“Pertamanya saya tidak sengaja menonton film live-action Crows Zero 1 dan 2 dari sanalah awalnya saya tertarik untuk mengenal lebih dalam apa itu Crows dari mentor saya bernama Just Iqbal lah yang mengajak saya untuk join grup yang bertemakan mafia atau preman Jepang (All About Japanese Yankee atau AAJY) itu,” Ungkap Naga Tjandara dimana dirinya mengungkapkan asal mulanya ketertarikannya pada dunia Crows saat itu.

Kebetulan sang mentor ini adalah salah satu admin di grup AAJY, dari sanalah kemudian dirinya banyak belajar dari dunia Crows terutama action Figure Crows. Terbukti ketertarikan dengan hobi barunya ini dengan mengkoleksi beberapa karakter action figure yang berasal dari manga asli Crows itu sendiri.

Selama di AAJY tersebut, Naga Tjandra menjadi salah satu admin grup besar action figure bertema preman atau mafia khas Jepang tersebut. Dan tak jarang pula dirinya mendapatkan beberapa masukan untuk mengenal lebih jauh tentang dunia Crows hingga seri manga nya dari seorang teman lamanya, Han Dono.

Berkat dari kedua teman lamanya tersebutlah pada akhirnya, Naga Tjandra memberanikan diri untuk mendirikan grup komunitas kecil tepatnya pada tanggal 22 Juli 2014 bernama Crows Hobbies Indonesia (C.H.I) yang masih bertemakan dunia Crows.

Grup C.H.I yang awalnya didirikan oleh tiga orang yang memiliki kesamaan hobi dan koleksi action figure Crows ini lambat laun komunitas yang berpusat pada grup di Facebook perlahan mulai diminati banyak orang. Terbukti yang berawal dari 3 orang saja hingga saat ini total membernya sudah menginjak seribu orang lebih.

Sehingga grup komunitas Crows Hobbies Indonesia (C.H.I) pun mulai merambah dan di kenal dalam dunia action figuran yang ada di Indonesia, banyak sekali kolektor dari Sabang sampai Merauke ada di grup komunitas mereka.

“Semua itu membuat saya merasa bangga dan tidak percaya bahwa grup kecil yang saya buat ini bisa maju dan diluar apa yang saya bayangkan selama ini, namun pada saat itu dengan alasan yang tidak bisa saya sebutkan saya putuskan untuk pensiun dari dunia perfiguran crows,” terangnya dimana grup ini sempat vakum selama 1 setengah tahun yang lalu.

“Setelah saya berhenti 6 bulan lamanya koleksi figure crows, tepatnya bulan April 2015 timbul rasa kangen untuk menonton film Crows Zero. Dari rasa kangen itulah saya penasaran dan ingin melihat aktivitas grup yang dulu saya buat dan tinggalkan,” tambahnya

“Pada akhirnya saya berbincang dengan salah satu admin yang saya percayai sebelum saya putuskan pensiun yaitu Fariz S Dony. Dia lah orang yang paling antusias dengan dunia Crows X Worst selain itu juga yang ia sempat menampung koleksi figuran crows milik saya ketika pensiun,” kenangnya

Dari obrolan singkat keduanya, pada akhirnya Dia memutuskan dengan tekad dan kemauannya untuk membangkitkan grup yang seperti kuburan tanpa ada cahaya. Singkatnya ia menghubungi kedua teman lamanya sekaligus orang dibalik asal muasal berdirinya komunitas Crows Hobbies Indonesia, Han Dono dan Just Iqbal untuk membantu menghidupkan kembali komunitas ini yang telah mati suri.

Awal kebangkitan komunitas ini dengan mengganti nama yang semula Crows Hobbies Indonesia menjadi Crows Figure Hobbies Indonesia (C.F.H.I). Bukan tanpa sebab pergantian nama itu karena ingin mempersempit dengan menekankan action figure dari Crows dan ingin membuat grup komunitas ini terasa lebih fresh dan baru.

“Semenjak saat itu (perubahan nama grup) saya mengajak Lukmanul Hakim yang berkenalan di grup bertema crow juga, karena kesamaan memiliki motivasi untuk membangkitkan dunia crows khususnya di action figure maka dari itu saya meminta dia untuk membantu dan menjadi admin di grup CFHI ini” terangnya

“Last but not least seorang teman atau  bisa di bilang sosok yg cukup saya hormati dalam dunia crows Yan Yanno beliau adalah orang yang bisa di bilang sebagai sumber saya keracunan dalam dunia crows, karena beliau adalah sumber dari semua figure yang saya miliki, ya dia adalah seller figure khususnya dalam dunia Crows x Worst dan menjadi orang yang bergabung dalam jajaran pengurus CFHI sebagai seller utama CFHI sekaligus membantu perkembangannya CFHI,” tambahnya

Setelah berjalan beberapa bulan group CFHI, berkesempatan untuk dapat mengenalkan figure crows di kalangan para kolektor dunia figure lebih luas, dalam pameran yang CFHI ikutin, Terima kasih tidak lepas kepada partner CFHI, SCMR (Saint Cloth Mythe Revolution) yang di kepalai Gio Fernandez Alvin dan Hendwi.

Berkembangnya CFHI dan bisa sampai melangkah jauh kedepan seperti sekarang ini tidak lepas dari peran seorang pengurus dan sistem yang diterapkan oleh CFHI. Dan urutan jabatan dalam CFHI, Founder > Alumni > Pengurus :(Ketua CFHI > Wakil Ketua > Guardian) > Member CFHI.

Uniknya sistem pengurusan komunitas Crows Figure Hobbies Indonesia ini terinspirasi dan mengikuti sistem re-generasi yang di populerkan dari manga nya melalui T.F.O.A. kepanjangan dari The Front of Armament. Yang dimana setiap tahunnya akan ada perubahan ketua, wakil dan guardian CFHI.

Founder CFHI atau generasi pertama:

Naga Tjandra Ketua CFHI 2014-2016
Fariz Subkhan Dony Wakil Ketua CFHI 2014-2016
Just Iqbal Penasehat CFHI 2014-2016
Yan Yanno Ketua CFHI Market place 2014- Current
Lukmanul Hakim Wakil Ketua CFHI Market place 2014- Current
Han Dono Guardian CFHI Market place 2014- Current

Pengurus CFHI Generasi Kedua :

Yudhi Permata Ketua CFHI 2017- Current
Dady Apriady Wakil Ketua CFHI 2017- Current
Hang Rahar Guardian CFHI 2017- Current

Nah untuk kalian yang penggemar action figure Crows tidak ada salahnya bergabung dengan keluarga besar komunitas Crows Figure Hobbies Indonesia. (rob/hobiku)