Cosplay Indonesia

Ini Aksi Unik Cosplay Balikpapan Peduli Lombok

Aksi Peduli Lombok Cosplayer Balikpapan. Foto: dok Cosplay Balikpapan

HOBIKU.NET – Beberapa waktu lalu bencana gempa berkekuatan 7 SR mengguncang Lombok dan sekitarnya. Tentu saja peristiwa ini meninggalkan duka yang begitu dalam, baik dari warga sekitar maupun masyarakat seluruh Indonesia.

Kejadian alam yang diluar kendali manusia ini sudah banyak menelan korban jiwa dan hancurnya bangunan, baik permukiman maupun fasilitas umum lainnya.

Sehingga ribuan pengungsi di daerah bencana ini tentunya berharap membutuhkan bantuan dari masyarakat Indonesia.

Dengan kondisi yang sangat memprihatinkan dari korban-korban gempa tersebut menggerakan seorang guru sekaligus yang hobi dengan cosplayer asal dari Balikpapan ini untuk membantu mereka.

Guru yang bernama Purwoko atau yang dikenal oleh kalangan komunitas cosplay di Balikpapan dengan sebutan Sharwock San ini bergerak hati nuarninya untuk mengumpulkan donasi bantuan untuk para korban gempa Lombok.

Uniknya, ia menyampaikan ide yang tidak biasanya dilakukan dari berbagai orang dengan teman-teman sesama cosplayer.

Pak guru ini bersama teman satu hobinya melakukan aksi penggalangan dana dengan menggunakan kostum-kostum dari karakter super hero atau karakter berdasarkan serial di anime.

Diantaranya yaitu Purwoko Santoso atau biasa dipanggil Sharwock San menggenakan kostum Shadow Moon salah satu rival dari Satria Baja Hitam. Kemudian ada Amar (Ammar Oppa) dengan kostum salah satu karakter dari serial Final Fantasy.

Wendy (Wen Wen Liu) dengan kostum Estes dari Mobile Legend, Haru mengenakan kostum Final Fantasy, Andrian (Eiji Kun) dengan kostum Naruto dan Alya Zoldyck. Dan masih banyak lagi.

Adapun teman-temannya yang tidak menggenakan kostum (Cosplay) yang turut membantu untuk menyukseskan ide penggalangan dana untuk korban gempa di Lombok.

Foto: dok Cosplay Balikpapan

Aksi ini sendiri dilakukan pada 12 Agustus 2018 bertepatan dengan acara Car Free Day di Lapangan Merdeka Balikpapan.

Selain melakukan aksi penggalanan dana untuk korban bencana gempa di Lombok saja, mereka juga menghibur masyarakat sekitar terutama anak-anak yang meminta foto bersama.

Foto: dok Cosplay Balikpapan

Foto: dok Cosplay Balikpapan

Wendy yang bercosplay sebagai Estes dari karakter game Mobile Legend bertindak sebagai ketua dan koordinator di lapangan.

Wendy. Ketua Koordinator Cosplay Balikpapan saat penyerahan dana bantuan Lombok. Foto: dok Cosplay Balikpapan

Dari acara penggalangan dana tersebut, terkumpul uang sebanyak Rp.571.000.00 dan disalurkan melalui masjid Istiqomah (masjid Pertamina Balikpapan) yang menyalurkan donasi serta bantuan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Walaupun hasil yang diperoleh hanya sedikit, tapi kami berharap bisa meringankan sedikit beban dari saudara-saudara kita di Lombok, dan bisa menginspirasi teman-teman kami di lain tempat, untuk melakukan hal serupa seperti yang kami lakukan” ujar Purwoko sambil mengusap peluh di dahi setelah membuka helm Shadow Moon kebanggaannya.

To Top