Inilah Caranya Wi-Fi Bisa Bekerja di Dalam Pesawat

HOBIKU.NET – Pernahkan terlintas dipikiran kalian bagaimana caranya jika seandainya Wi-Fi bisa berkerja di dalam pesawat?

Pasti kalian akan menjawaban jangankan Wi-Fi untung menyalakan atau menggunakan barang elektronik saja tentunya sudah dilarang selama penerbangan.

Mengaktifkan Smartphone saja tidak diperkenankan apalagi digunakan dengan sembarangan. Jadi jika andaikata diperbolehkan untuk menggunakan barang elektronik seperti smartphone tentunya kita berpikir tidak akan mendapatkan sinyal sama sekali.

Tentu hal wajar dan jangan berharap bisa mendapatkan sinyal untuk mengakses internet ketika kita sedang berada di udara dengan ketinggian 30.000 kaki dari diatas permukaan laut.

Seiringnya waktu dan majunya teknologi hal seperti itu saat ini bukanlah hal yang mustahil untuk didapatkan. Dan untuk sekarang ini tentunya kita sudah bisa mendapatkan akses internet selama perjalanan di dalam pesawat.

Selama ada Wi-fi on Board, kita dapat berselancar di dunia maya sambil menunggu mendaratnya pesawat ditempat tujuan yang kita kunjungi. Lalu bagaimana cara kerja Wi-Fi on Board tersebut? dan apa yang membuat kita sekarang bisa menggunakan Wi-Fi selama berada dalam perjalanan di pesawat?

Menurut dari beberapa sumber terkait, ada cara yang bisa melakukan hal tersebut setidaknya membutuhkan dua alat teknologi yang ada kemungkinan para penumpang di dalam pesawat bisa mengunakan Wi-Fi. Kedua alat teknologi yang dimaksud yakni Air-to-Ground (ATG) dan satelit.

Untuk cara kerja dari Teknologi Air-to-Ground (ATG) ini memperlukan dua antena yang terpasang di dalam perut pesawat dimana berfungsi untuk mengangkap sinyal berasal dari menara seluler di daratan. Dimana ketika pesawat telah mencapai di beberapa ketinggian tertentu maka pramugari sudah bisa mengaktifkan ATG tersebut.

Disaat itulah ATG nantinya akan menarik sinyal dari beberapa menara seluler yang berada di daratan. Namun, hingga saat ini sistem dari teknologi ATG hanya memiliki kekuatan akses Wi-Fi hingga 3 Mbps. Dengan kecepatan seperti itu penumpang hanya dapat menikmati berselancar akun-akun sosmed hingga mengecek email saja.

Sedangkan teknologi kedua adalah dengan menggunakan satelit, dengan cara menggunakan antena yang sudah diarahkan ke beberapa satelit tertentu. Seperti yang diketahui setidaknya ada tiga jenis antena yang bisa dipergunakan di dalam pesawat-pesawat yang menyediakan fasilitas Wi-Fi untuk memanjakan para calon penumpangnya.

Ketiga antena yang diketahui diantaranya, yaitu Ka-Band, Ku-Band dan Ku/Ka Band. Setiap masing-masing ketiga antena ini memiliki perbedaannya, seperti antena Ku-Band yang memiliki kecepatan Wi-Fi 30 hingga 40 Mbps dengan catatan tergantung berapa banyaknya akses yang digunakan oleh penumpang dalam pesawat tersebut.

Untuk antena Ka-Band sendiri memiliki kecepatan lebih dibandingkan dengan Ku-Band yaitu 70 Mbps. Penumpung pesawat tentunya dengan kecepatan akses seperti itu bisa menikmati streaming video hingga mengunggah beberapa foto di berbagai akun sosial media. Sedangkan antena Ka/Ku Band diketahui baru digunakan oleh Virgin America di setiap dalam pesawat-pesawat Airbus A320 seri terbarunya. (rob/hobiku)

Leave a Reply