Inilah Media Sosial Terpopuler di Indonesia

HOBIKU.NET – Studi terbaru dari perusahaan media We Are Social yang bekerja sama dengan Hootsuite mengungkap bahwa hingga awal tahun ini ada 150 juta pengguna media sosial di Indonesia. Jumlah tersebut naik 20 juta pengguna dibanding hasil studi pada 2018.

Dalam studi bertajuk ‘Digital in 2019’ itu, platform streaming video YouTube tercatat menjadi aplikasi media sosial yang paling banyak digemari di Indonesia, dengan penetrasi 88 persen.

Adapun posisi kedua ditempati oleh layanan pesan instan WhatsApp dengan penetrasi 83 persen.

Raksasa jejaring sosial Facebook menempati posisi ketiga sebagai aplikasi media sosial yang paling banyak digemari di Indonesia dengan penetrasi 81 persen.

Melengkapi lima besar, ada Instagram, LINE, dan Twitter, yang masing-masing mempunyai penetrasi 80 persen, 59 persen, dan 52 persen.

Bicara target audiens iklan, Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai negara dengan pengguna sekaligus target audiens iklan Facebook terbesar di dunia, dengan jumlah 130 juta pengguna aktif bulanan.

Adapun Jakarta, menduduki posisi ketiga sebagai kota dengan target audiens iklan tertinggi Facebook dengan jumlah 17 juta. Bahasa Indonesia sendiri menjadi bahasa ketiga paling banyak digunakan di platform Facebook, di bawah Bahasa Inggris dan Bahasa Spanyol.

Sebanyak 56 persen pengguna Facebook terdeteksi sebagai pengguna laki-laki sementara 44 persennya wanita.

Sementara Instagram memiliki 62 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia dengan persentase jumlah pengguna pria 51 persen, lebih unggul dibanding pengguna wanita dengan pemetrasi 49 persen.

Di dunia, Indonesia menjadi negara keempat dengan jumlah audiens iklan Instagram tertinggi dengan jumlah 59 juta, naik 5 persen secara kuartal per kuartal.

Sedangkan Twitter memiliki 6,43 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia. Jumlah tersebut menempatkan Indonesia di posisi ke-10 negara dengan jumlah pengguna Twitter terbesar di dunia.

Meski gaungnya jarang terdengar di Indonesia, Snapchat ternyata tercatat memiliki 3,8 juta pengguna aktif bulanan.

LinkedIn memiliki 12 juta pengguna terdaftar di Indonesia. Di skala Global, Indonesia menempati posisi ke-10 sebagai negara dengan jumlah pengguna terdaftar LinkedIn tertinggi.