Kabar Buruk Buat Gamer Muda, PUBG Resmi Terapkan Batasan Usia di Tiongkok

HOBIKU.NET – Pengguna atau gamer di bawah usia 13 tahun di Tiongkok kini tidak akan bisa sebebas dulu lagi untuk memainkan gim online battle royale. Tencent selaku pengembang telah menerapkan sistem kunci digital pada gim besutannya itu.

“Tencent terus menggandakan cara membatasi pemain yang lebih muda untuk mengakses beberapa gimnya di Tiongkok, kali ini dengan sistem kunci digital yang akan mengunci pemain di bawah usia 13 tahun,” sebut laporan dari gameindustrybiz, Senin (4/3).

Tencent resmi memberlakukan pembatasan usia untuk gim PUBG-nya guna menuruti desakan pemerintah Tiongkok dalam menangani masalah kecanduan gim di kalangan muda warganya. Tencent menggunakan teknologi semacam facial recognition dan player ID checks untuk memastikan usia dan identitas mereka.

Laporan tersebut menambahkan bahwa selain membatasi usia pemain, lamanya waktu bermain pun juga akan dibatasi, dan melarang hal-hal seperti kekerasan, informasi tentang perjudian atau pornografi, politik nasional, atau perilaku negatif lainnya.

Semua aturan ketat tersebut didasari oleh kekhawatiran pemerintah Tiongkok pada kesehatan anak-anak di negaranya, baik dari segi fisik maupun mentalnya.

Tak hanya menjadi masalah di Tiongkok sebenarnya, sebab masalah kecanduan gim online sepertinya ada dihampir seluruh negara. Bukan hanya berdampak pada anak-anak saja, tetapi juga bahkan telah membuat para orang dewasa terkadang melakukan hal-hal di luar nalar karena terlalu asik bermain gim.