Kuliner Jepang

Kata Siapa dari Jepang? Ini Loh Fakta Sebenarnya Mie Ramen

Mie Ramen. Foto: Istimewah

HOBIKU.NET – Mie Ramen siapa yang tak kenal dan pernah mencoba kuliner satu ini. Tentunya mie ramen sangat digemari oleh sebagian warga di dunia, disebabkan cita rasanya yang memang lezat.

Bagi yang hobi dengan kuliner pastinya mengira bahwa hidangan berkuah tersebut berasal dari Jepang, nyata sebenarnya bukan loh. Lalu, mie ramen sendiri darimana sih?

Yuk langsung saja simak ulasannya sebagaimana kami rangkum dari berbagai sumber untuk sobat hobiku semua, dibawah ini:

Asli China bukan Jepang

Mie Ramen yang sering kali muncul di film Jepang ternyata faktanya asli dari China. Menurut sejarah asal muasalnya, para pedagang China yang membawa budaya makan mereka khususnya mie ramen ini ke Jepang pada awal abad 19 yang hingga kini akhirnya jadi populer seperti sekarang ini.

Jenis mie ramen banyak

Ternyata mie ramen punya banyak jenis variasi, bahkan di setiap sudut daerah di Jepang punya resep mie ramen andalan yang khas. Contohnya seperti di Sapporo, mie ramennya menggunakan sup miso lalu begitu pula berbeda dengan di Tokyo yang memakai mie bergelombang disertai kuah kaldu ayam.

Rasa Umami

Rasa Umami adalah rasa gurih yang khas sehingga membuat mie ramen menjadi lebih lezat. Untuk bahan membuat rasa umami adalah kecap asin disertai beberapa bahan rahasia lainnya.

Toppingnya beragam

Jika sobat melihat cara penyajian mie ramen, maka yang membedakannya adalah toppingnya. Ada yang ditaburi irisan daging, daun bawah, rumput laut, telur mentah dan lain sebagainya. Tentu saja masing-masing topping tadi dapat membuat rasa ramen semakin lezat dan unik.

Makan mie ramen wajib diseruput

Makan mie ramen yang tepat adalah dengan mangkuk, sumpit dan menyeruput kuahnya secara perlahan. Jadi menurut para ahli ramen di Jepang sana, untuk menikmati sebuah ramen kita harus mengetahui cara seruput yang benar.

Caranya dengan mendekatkan mangkuk, lalu ambil sedikit mie dengan sumpit kemudian diseruput agar kuahnya ikut juga masuk ke dalam mulut kita.

Asal tahu saja sobat, di Jepang sana tuh bunyi seruputan saat makan mie ramen biasanya sengaja dikeraskan. Hal ini untuk menunjukkan bahwa selain ramennnya enak juga menghargai si pembuat ramen itu sendiri.

Gimana sudah tahukan fakta-fakta mie ramen yang kami bagikan untuk sobat-sobat hobiku dimanapun kalian berada. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semuanya yah. (rob/hobiku)

To Top