Inilah Alasannya Kenapa Kemampuan dan Bentuk Mangekyou Sharingan Berbeda-beda

HOBIKU.NET – Mangekyou Sharingan dapat dibangkitkan oleh si pengguna dimana dirinya telah mengalami trauma yang besar. Jadi bisa dikatakan Mangekyo Sharingan adalah salah satu Dojutsu yang sangat kuat yang dimiliki klan Uchiha ini, lalu apa yang sebenarnya untuk menentukan kekuatan yang telah mereka dapatkan ini?

Tentunya yang kita tahu didalam jalan cerita seri Naruto, setiap pasang mata dari Mangekyo Sharingan sepertinya dapat memberikan kemampuan dan bentuk yang berbeda dari setiap si pengguna yang telah membangkitkannya.

Maka dari itu saya akan mencoba menjelaskan kenapa hal ini bisa terjadi. Dan sekali lagi penjelasan ini berdasarkan teori dan opini disertai dengan beberapa fakta yang dirangkum dari jalan cerita manga ataupun anime Naruto itu sendiri. Langsung saja simak ulasannya, dibawah ini

Kita pastinya sudah tahu betul bahwa setiap dari kemampuan masing-masing individu dari pemilik Mangekyou Sharingan berbeda-beda bahkan bentuk pola matanya. Singkatnya Mangekyou Sharingan adalah salah satu dari simbol emosi dan perasaan yang terjadi disekitar si pengguna dimana kala dirinya membangkitkan kekuatan tersebut.

Itulah sedikit penjelasan kronologis bagaimana si pengguna dapat membangkitkan kekuatan mata, Mangekyou Sharingan. Selanjutnya saya akan mencoba menjelaskan tentang dari beberapa kemampuan Mangekyou Sharingan yang berasal dari karakter-karakter yang kita tahu di dalam cerita serial Naruto dibawah ini:

1. Madara Uchiha

Mangekyou Sharingan Madara Uchiha. Foto int

Bisa dibilang dia adalah kakek moyang dari klan Uchiha. Dia juga orang pertama dari klan Uchiha yang membangkitkan dan pengguna kekuatan mata tertinggi, Rinnegan. Mangekyou Sharingan milik Madara Uchiha terutama pola matanya adalah simbol dari perasaan penyesalan dirinya atas kehilangan sang adik, Izuna Uchiha. Izuna Uchiha pada saat itu juga telah membangkitkan Mangekyou Sharingan namun tidak ada informasi detail tentang kekuataan mata miliknya.

Sedangkan kekuatan mata Mangekyou Sharinga milik Madara Uchiha ini adalah kemampuan utamanya berkisar disaat dirinya menggunakan dan mengontrol penuh dalam mode Susano’o. Tidak hanya itu, kekuatan mata Mangekyou Sharingan miliknya ini juga dapat mengubah sedikit waktu yang akan datang dari semua pergerakan musuh yang ia lawan di medan pertempuran.

2. Shisui Uchiha

Mangekyou Sharingan Shisui Uchiha. Foto: int

Shisui Uchiha memiliki Mangekyou Sharingan yang kita ketahui yaitu Kotoamatsukami. Bentuk pola mata Mangekyou Sharingan dan kemampuan miliknya diyakini sebagai cermin tekadnya yang ingin mengubah dunia ninja untuk menjadi lebih baik dan mengapai sebuah kedamaian. di masa depan sebagai bentuk menembus kegagalannya pada masa lalu.

Maka tidaklah heran bahwa kemampuan Mangekyou Sharingan Kotoamatsukami ini bisa menghasilkan genjutsu terkuat yang pernah ada di Naruto, dimana kemampuan ini memiliki bentuk refleksi yang dibuat berdasarkan keinginannya untuk mengubah kejadian saat ini dan masa depan sehingga dapat merubah prinsip atau keinginan seseorang dengan seketika.

Salah satu contoh yang kita ketahui adalah dimana untuk ditampilkan pertama kali kekuatan Kotoamatsukami ini dikala Naruto dan Killer Bee berhadapan dengan edo tensei dari Itachi Uchiha dan Nagato. Disaat keduanya akan dikendalikan secara penuh oleh Kabuto, sontak Itachi Uchiha mengeluarkan Mangekyou Sharingan seketika itu juga gagak yang sudah ditanam mata Shisui ini mengenjutsu diaman diperintah genjustunya adalah melindungi konoha. Selanjutnya Itachi Uchiha berhasil terlepas dari jutsu edo tensei dan kendali dari Kabuto.

3. Itachi Uchiha

Mangekyou Sharingan Itachi Uchiha. Foto: int

Kebangkitan kekuatan mata Mangekyou Sharingan Itachi Uchiha terjadi dikala sahabat yang sudah dianggap saudaranya sendiri, Shisui Uchiha bunuh diri di jurang air terjun di Konohagakure setelah mata satunya berhasil dicuri oleh Danzo. Untuk kemampuan Mangekyou Sharingan milik Itachi ini adalah Genjutsu Tsukuyomi dan Amaterasu.

Dimana genjutsu Tsukuyomi ini memungkinan dirinya bisa menggunakan bahkan mengubah waktu semau yang ia inginkan. Bahkan ia mampu menulis ulang waktu sehingga dimana hal yang seharusnya tidak perlu terjadi bisa ia ciptakan dalam ilusinya.

Sedangkan Amaterasu bisa dikatakan sebagai simbol dari emosi kemarahan Itachi dimana dirinya menyaksikan kematian Shisui Uchiha. Dan kemampuan dari Amaterasu ini adalah api hitam yang abadi yang bisa membakar apa saja bahkan tidak bisa padam.

4. Tobi atau Obito Uchiha dan Hatake Kakashi

Mangekyou Sharingan Obito dan Kakashi. Foto: int

Dikala pada perang dunia shinobi ketiga, Obito Uchiha tertimpa reruntuhan batu di dalam goa ketika dirinya bersama Kakashi ingin menyelamatkan Rin. Kakashi dan Rin pada waktu itu menduga bahwa Obito telah tewas, namu sebelumnya Obito memberikan mata kirinya untuk Kakashi ketika itu.

Namun nyatanya Obito tidak tewas ia telah diselamatkan oleh Madara Uchiha kala itu. Kakashi dan Obito keduanya telah membangkitkan kekuatan mata Mangekyou Sharingan mereka ketika pada insiden provokasi yang dilakukan Zetsu memanfaatkan Rin dan disaat itu juga Kakashi tanpa sengaja telah membunuh Rin yang dimana saat bersamaan Obito melihat kejadian tersebut.

Kemampuan dan simbol dari Mangekyou Sharingan Kamui ini jika kita perhatikan untuk Obito itu membuat dirinya tak berwujud dan mampu teleportasi ke dimensi lain. Hal ini memiliki simbol dari rasa emosional miliknya yang telah mati rasa setelah dirinya menyaksikan orang yang sangat ia cintai tewas ditangan Kakashi, sahabat sekaligus teman satu timnya.

Kasarnya Kamui milik Obito ini merupakan gambaran dari ketidakmampuannya dan tidak memiliki sebuah perasaan lagi alias mati rasa. Sedangkan pengertian kemampuan dari teleportasi ke dimensi lain ini secara tak langsung bisa mewakili dari rasa kesepian Obito yang ia rasakan setelah dirinya kehilangan Rin. Dengan dia bebas berpergian ke dimensi lain, seolah-olah ia berada di dalam dunia yang hanya dihuni oleh dirinya sendiri.

Sedangkan simbol Kamui Kakashi ini bisa digambarkan sebagai bentuk dari kebalikan dan kemampuan Obito. Dimana Kakashi menggunakan ini dengan jangka panjang dalam arti dirinya ingin menjangkau Obito yang tengah melarikan diri dari kehidupannya dahulu serta ingin meminta maaf karena tidak bisa memenuhi janjinya untuk menjaga Rin.

5. Sasuke Uchiha

Mangekyou Sharingan Sasuke Uchiha. Foto: int

Mangekyou Sharingan milik Sasuke bangkit ketika dirinya mengalami emosi mendalam atas kehilangan kakak tercintanya, Itachi Uchiha. Dikala ia mendapatkan kekuatan mata ini ia memiliki kemampuan Amaterasu yang diberikan oleh Itachi.

Uniknya, Amaterasu milik Sasuke ini dapat dikendalikan oleh dirinya dalam arti selain ia bisa mengeluarkan api hitam abadi dirinya dapat memadamkan dengan seketika Amaterasu yang sudah ia keluarkan tersebut.

Dan untuk simbol dari mata Mangekyou Sharingan milik Sasuke ini bisa digambarkan dari kemampuannya yaitu Amaterasu sebagai bentuk kemarahan Sasuke terhadap sebuah situasi dimana sang kakak, Itachi Uchiha memaksa dirinya untuk terseret dalam konflik yang ia hadapi sendiri seperti pembantaian klan Uchiha yang menewaskan keluarganya dan mencerminkan kemarahan atas penyesalan setelah tewasnya Itachi ditangannya.

Kita ketahui bersama di setiap karakter di serial Naruto yang telah membangkitkan atau memiliki kemampuan mata Mangekyou Sharingan di sepasang matanya dapat menggunakan Susano’o. Susano’o dikenal sebagai jutsu bertahan absolut milik klan Uchiha dimana bisa menjadi pelindung yang kuat bagi si pengguna Mangekyou Sharingan dari lawan-lawannya.

Namun, Susano’o yang dihasilkan dari Mangekyou Sharingan sangatlah berbeda dengan pengguna Eternal Mangekyou Sharingan. Dimana pengguna Susano’o Eternal Mangekyou Sharingan dapat memiliki armor full body, terkecuali Kakashi yang mempunyai kekuatan EMS sementara yang diberikan oleh sebagian chakra Obito ketika ia dalam mode six path.

Susano’o bisa bertambah kekuatannya menjadi lebih kuat lagi dari sebelumnya seperti Sasuke dan Madara yang dimana keduanya memiliki Eternal Mangekyou Sharingan yang berasal dari cangkokan mata dari saudara kandungnya.

Sekedar opini dari saya disini adalah evolusi dari kekuatan mata Sharingan yaitu Mangekyou Sharingan bahkan Eternal Mangekyou Sharinga dari klan Uchiha ini bisa lebih kuat lagi jika menyaksikan keluarganya tewas atau mencangkokan mata Mangekyou Sharingan milik saudara kandungnya sendiri. Sehingga nantinya si pengguna Eternal Mangekyou Sharingan dapat memiliki kekuatan salah satu dari Mangekyou Sharingan milik saudaranya tersebut.

Sekali lagi saya ingatkan penjelasan diatas adalah opini pribadi atas simbol dan refleksi yang dihasil dari karakter-karakter yang telah membangkitkan Mangekyou Sharingan berdasarkan emosional perasaannya. Seperti yang kita tahu bahwa Masashi Kishimoto membuat dan memberikan kemampuan setiap karakternya itu berbeda-beda.

Hal ini bertujuan untuk menunjukan individualitas mereka masing-masing sebagai melambangkan ciri khas dari karakter itu sendiri. Diketahui bahwa Masashi Kishimoto juga sangat menyukai simbolisme seperti yang banyak dilakukan oleh seniman.

Jika dipikr kembali, tidak ada salahnya dia mengambil kesempatan untuk menciptakan simbolisme lebih banyak lagi pada setiap karakter-karater yang dibuatnya. Dan menghubungkannya dengan jalan cerita mereka sendiri bahkan mencerminkan si penggunannya di dalam serial Naruto. (den/hobiku)