Kerupuk Khas Indonesia Ini Cocok Sebagai Teman Makan Nasi dan Ngemil

HOBIKU. NET – Hobi Kuliner? Cobalah Kerupuk Asli Indonesia Ini Sangat Cocok Untuk Teman Makan Nasi dan Cemilan.

Kerupuk merupakan makanan pendamping yang dimakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama bagi kalian yang hobi makan. Tentunya bagi mereka tidak lengkap rasanya jika makan tanpa adanya kerupuk.

Namun ada juga yang memakan kerupuk sebagai cemilan untuk sekedar menemani kegiatan Anda. Seperti halnya ketika menonton televisi, disaat belajar bersama dan lain sebagainya.

Berikut ini merupakan jenis-jenis kerupuk asli Indonesia yang sering kita jumpai bahkan tak jarang pernah memakannya, diantaranya ialah:

Kerupuk Kulit

Cara Membuat Kerupuk Kulit
Kerupuk Kulit. Foto: int

Kerupuk satu ini tentu sudah tidak asing bagi kalian dan sering kali dijumpai dimanapun kita berada. Selain itu kerupuk kulit ini menu tersendiri yang wajib ada di setiap rumah makan Padang.

Apalagi jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, kerupuk kulit ini bisanya disajikan bersamaan dengan gudek dan sayur krecek. Kerupuk ini sendiri terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang telah dikeringkan selanjutnya diberi bumbu kemudian digoreng.

Kerupuk Udang

Cara membuat kerupuk udang
Kerupuk Udang. Foto: int

Kerupuk udang yang berasal dari Sidoarjo ini sering kali kita jumpai disaat menghadiri acara pernikahan atau acara hajatan lainnya. Kerupuk udang sangat cocok jika disantap bersaman dengan nasi hangat disertai lauk pauk lainnya.

Cara pembuatan kerupuk udang ini terdiri dari tepung, udang dan bumbu rempah-rempah lainnya. Seperti bawang putih, lada, dan sebagainya.

Kerupuk Emping

Kerupuk Emping terbuat dari apa
Kerupuk Emping. Foto: int

Kerupuk emping atau biasa disebut oleh sebagian masyarakat Indonesia emping ini dikenal sebagai kerupuk pantangan bagi mereka yang memiliki asam urat.

Emping sangat pas jika disajikan bersamaan dengan makanan berkuah seperti sop, soto babat, nasi uduk dan lain-lainnya. Kerupuk emping ini terbuat dari buah melinjo yang telah dihaluskan.

Kerupuk Opak

Cara buat kerupuk opak
Kerupuk Opak: Foto Int

Kerupuk opak sering kali dimakan oleh orang-orang Indonesia sebagai cemilan. Sedangkan untuk membuat kerupuk khas Sunda ini sangatlah mudah.

Cara membuat kerupuk opak dengan singkong yang telah dihaluskan dan diberi garam. Setelah itu dikeringkan lalu digoreng.

Kerupuk Kemplang

Cara buat kerupuk ikan
Kerupuk Ikan. Foto: int

Kerupuk kemplang atau biasa sering disebut dengan kerupuk ikan dan paling enak jika disantap bersamaan dengan soto atau bakso. Kerupuk khas Palembang ini terbuat dari ikan berdaging putih yang telah dihaluskan dan dicampur dengan tepung.

Kerupuk Miskin

Kerupuk Pasir
Kerupuk Miskin. Foto: int

Mungkin terdengar rada aneh dengan nama kerupuk satu ini, tapi sebagian besar orang di daerah Indonesia memang menyebutnya “kerupuk miskin”. Ternyata mereka tak asal sebut kerupuk miskin semata dikarenakan proses pembuatan kerupuk ini terbilang unik menggorengnya hanya menggunakan pasir saja. Dan karena itulah nama kerupuk ini bisa disebut dengan kerupuk misikin serta istilah lainnya kerupuk pasir.

Itulah beberapa macam kerupuk khas Indonesia yang sering kali kita jumpai. Terutama untuk sebagian hobi kuliner ada motto tersendiri bagi mereka “Tidak lengkap rasanya makanan apapun itu tanpa kerupuk.” (rob/hobiku)