Kunyit, Si Kuning Pembawa Manfaat dan Khasiat

curcuma-kunyit

HOBIKU.NET – Kunyit adalah tanaman asli kawasan Asia Tenggara. Kunyit mempunyai nama latin Curcuma longa Linn. Syn, Curcuma domestica Val. Orang Indonesia pasti tidak asing dengan tanaman kunyit, selain di kenal menjadi rempah-rempah untuk bahan masakan kunyit juga di olah menjadi jamu tradisional hingga menjadi bahan dasar kosmetik seperti lulur atau bedak, ini dikarenakan kunyit mengandung manfaat yang cukup banyak.

Kunyit di pulau Jawa juga sering di sebut dengan kunir, kunyit atau kunir sendiri mempunyai tempat dihati ibu-ibu khususnya di Indonesia, baunya yang khas dapat menetralisir bau ikan saat akan di masak, namun tidak hanya baunya saja warna kuning yang terdapat pada kunyit membuat warna ikan semakin menggiurkan setelah matang. Warna kuning kunyit juga dapat di gunakan sebagai pewarna alami makanan atau kain dengan mengambil air yang terkandung di dalam kunyit.

Di Indonesia kunyit juga sering di gunakan menjadi minuman yang bernama jamu, jamu tradisional dari bahan kunyit saat ini bisa dengan mudah kita temukan dengan bentuk bubuk yang di kemas praktis berbentuk sashet. Jamu tradisional dari kunyit ini di kenal menjadi obat pelangsing yang ampuh, jadi tidak heran jika kebanyakan penikmat jamu kunyit adalah perempuan.

Meskipun banyak perempuan yang mengkonsumsi jamu kunyit untuk obat pelangsing, kunyit juga mempunyai efek samping yang buruk bagi tubuh saat di konsumsi tidak sesuai dengan tarakaran atau dosis yang seharusnya.

Efek buruk yang dapat ditimbukan adalah:
1. Lambung mengalami gangguan, Konsumsi kunyit yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama akan mengganggu lambung.
2. Mendorong timbulnya menstruasi, Kunyit bagi ibu hamil dan ibu menyusui bisa jadi berbahaya. Mengonsumsi kunyit secara berlebihan akan menstimulasi rahim untuk mendorong timbulnya menstruasi.
3. Penurunan efek kemoterapi, Untuk pasien yang sedang menjalani kemoterapi disarankan agar tidak mengonsumsi kunyit, Karena kunyit akan menurunkan efek kemoterapi.

Didalam kunyit terkandung senyawa berkhasiat yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat- zat yang bermanfaat lainnya.

Kunyit akan tetap baik di konsumsi jika takaran atau dosisnya tepat dan kunyit sendiri memang tidak dapat di konsumsi oleh semua orang, karena senyawa yang terkandung dalam kunyit dapat menghasilkan efek buruk bagi sebagian orang yang memiliki pantangan untuk mengonsumsi, sehingga manfaat dan khasiat tidak dapat di rasakan.

Untuk anda yang ingin membuat jamu tradisional kunyit dengan mudah, anda dapat membuatnya seperti berikut:

1. Potong tipis kunyit sesuai selera (berapa liter jamu yang diinginkan)
2. Siapkan asam matang
3. Siapkan gula aren
4. Siapakan air, hingga sedikit mendidih
5. Masukan bahan-bahan
6. Tunggu hingga mendidih atau matang dan siap di nikmati

Berikut ini adalah manfaat dan khasiat kunyit lainnyaa bagi tubuh:

1. Mereduksi Lemak
Penderita diabetes seringkali merasa lapar. Hal ini disebabkan karena kekurangan glikogen. Akibatnya tubuh mudah lelah dan lemas. Penderita diabetes akan mengalami makan yang tidak terkendali hingga menyebabkan kenaikan berat badan.
Kandungan curcumin yang ada pada manfaat jamu kunyit dapat membantu mencegah akumulasi lemak yang berbahaya bagi tubuh.

2. Melancarkan Pencernaan
Dengan adanya kandungan curcumin dalam kunyit juga dapat membantu proses pencernaan serta mengurangi gejala kembung. Namun orang yang memiliki penyakit kandung empedu sebaiknya tidak mengonsumsi kunyit karena dapat memperburuk kondisi tubuh.

3. Menyembuhkan luka
Kunyit juga dapat digunakan untuk meyembuhkan luka, karena kunyit mengandung bahan anti-septik dan bahan anti-bakteri. dengan kandungan itu kunyit sangat baik digunakan obat luka biasa maupun luka bakar. (rob/hobiku)

Tulisan kiriman dari Uswatun Hasannah