Patut Kamu Coba Nih Sob! 15 Makanan Buka Puasa Ala Jepang yang Maknyus Banget

HOBIKU.NET – Selama bulan Ramadan biasanya kita bingung mau menyiapkan makanan buka puasa apa selain gorengan dan es buah. Kalau kamu lagi bosan sama sajian dalam negeri, bisa kok mencoba menu ala Jepang yang gak kalah nikmat.

Menyiapkan menu makanan rendang, telur balado atau ayam goreng di meja makan mungkin terdengar udah biasa. Apalagi kalau lihat gorengan, biasanya ini jadi cemilan wajib yang ada ketika waktu berbuka udah mepet.

Tapi usahakan jangan terlalu sering makan gorengan ya ketika buka puasa karena kandungan lemak dan kolesterolnya yang lumayan tinggi. Bisa-bisa kamu jatuh sakit karena kekurangan vitamin dan nutrisi harian yang diperlukan tubuh.

Buat mengakalinya, kamu bisa coba mengonsumsi makanan ala Jepang yang nikmat dan tentunya menyehatkan. Penasaran?

Daripada berlama-lama lagi lebih baik langsung aja nih kamu lihat 10 daftar makanan buka puasa ala jepang yang patut dicoba selama Ramadan.

1. Sushi

Menu tradisional asli Jepang ini wajib kamu masukan jadi makanan buka puasa yang pertama. Selain rasanya yang bikin nagih, kandungan protein yang ada pada ikan salmon juga menambah nutrisi seperti protein, omega 3 dan vitamin B kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh, mengutip dari Fimela.

Kalau gak bisa makan sushi yang mentah, sekarang udah banyak kok menu sushi yang disajikan secara matang. Jadi gak ada alasan lagi untuk gak nyobain menu yang satu ini.

2. Onigiri

Makanan selanjutnya ada onigiri yang dari bentuknya mirip dengan lemper atau bacang. Dari rasanya juga gak kalah lezat, banyak isian yang bisa dipilih mulai dari ayam, tuna hingga salmon.

Kandungan karbohidrat dari nasi ala Jepangnya mampu mengisi perut kamu yang kosong setelah seharian puasa. Buat disimpen dan disantap saat sahur juga bisa.

3. Gyoza

Makanan buka puasa yang satu ini bisa ditemukan di beberapa restoran Jepang. Seiring majunya inovasi di bidang kuliner, banyak juga pelapak yang menjual gyoza mentah secara online.

Jadi ketika menjelang buka puasa kamu hanya butuh menggorengnya sebentar untuk disiapkan di meja makan. Gyoza cocok menggantikan menu ringan seperti bakwan atau tahu isi.

4. Okonomiyaki

Okonomiyaki mungkin terdengar asing buat beberapa orang yang jarang pergi ke restoran Jepang. Menu yang bahan dasarnya tepung terigu dan telur ini bisa disajikan dengan berbagai isian seperti gurita, udang ataupun daging kepiting.

Bumbu yang digunakan rasanya manis dan teksturnya agak sedikit kental berwarna cokelat. Mirip seperti bumbu teriyaki.

5. Mochi

Kalau dari tadi udah yang asin-asin, sekarang kamu bisa mencoba mochi jadi makanan buka puasa bercita rasa manis. Teksturnya yang lembut dan kenyal buat menu yang satu ini cocok dijadikan menu pembuka berbuka puasa.

Rasanya juga bervariasi, dari rasa cokelat, kacang hijau sampai durian pun ada. Tinggal pilih sesuai selera aja deh.

6. Ramen

Buat pecinta mie instan sebaiknya kamu mencoba ramen sebagai penggantinya. Rasanya yang mirip mie instan atau bahkan lebih enak bagi beberapa orang menjadi alasan utamanya.

Kuahnya yang gurih dan sedikit kental bakal menambah cita rasa yang diberikan kepada penikmatnya.

7. Kare

Yang porsi makannya besar bisa memesan kare menjadi makanan buka puasanya. Kuah kare yang kental umumnya disajikan bersama daging ayam yang digoreng renyah.

Walaupun harganya agak sedikit mahal tapi kamu bisa mencobanya sesekali biar kantong gak bolong.

8. Omurice

Makanan ala Jepang selanjutnya yang bisa dinikmati ketika berbuka adalah Omurice. Beberapa waktu belakangan menu yang satu ini sempat viral di media sosial karena sajiannya yang menggoda lidah para netizen.

Kandungan protein dan karbohidrat yang ada pada telur serta nasinya baik untuk menggantikan tenaga yang hilang saat puasa.

9. Beef Teriyaki

Dagingnya yang lembut dan gurih seringkali bikin orang yang lagi puasa gak tahan buat lihat makanan yang satu ini. Disajikan dengan semangkuk nasi hangat akan menjadi kombinasi yang pas ketika berbuka bersama segelas teh ocha.

10. Chicken Teriyaki

Bagi yang gak mau daging sapi bisa memilih chicken teriyaki sebagai penggantinya. Yang bikin beda paling dari tekstur daginya yang lebih berserat dan bentuknya yang kotak-kotak menyerupai dadu. Kalau dari sisi rasa bumbu sih harusnya sama ya.

11. Ebi Furai

Seperti namanya makanan yang satu ini berbahan dasar udang yang dibalut oleh tepung. Lalu digoreng renyah hingga warnanya kuning keemasan. Paling pas ketika dimakan bersama saus sambal dan semangkuk nasi hangat khas Jepang.

Kamu bisa mudah membuatnya sendiri di rumah atau datang ke restoran cepat saji terdekat untuk memesan menu ebi furai. Sebaiknya sih bikin sendiri karena bisa menghemat dompet dan cara buatnya juga gampang kok.

12. Chicken Katsu

Mirip sama ebi furai chicken katsu juga dilumuri oleh tepung terigu yang memberikan tekstur garing setelah digoreng pada minyak panas. Bentuknya pipih sehingga mudah untuk dikonsumsi.

Hampir semua restoran jepang menyediakan menu yang satu ini karena rasanya sesuai sama lidah orang Indonesia yang suka makanan crispy.

13. Dorayaki

Buat yang suka suka nonton kartun Doraemon pasti tahu makanan penutup favoritnya yang satu ini. Teksturnya seperti roti tapi bentuknya sedikit berbeda karena dorayaki mirip seperti benda luar angkasa UFO.

Isinya juga bermacam-macam ada selai stroberi, kacang hijau dan teh hijau. Namun yang paling umum digunakan adalah cokelat.

14. Udon

Punya bentuk seperti ramen tapi ukuran mi pada udon lebih besar sedikit beberapa milimeter. Umumnya masyarakat Jepang mencampurkannya pada bumbu kuah yang warnanya bening.

Berbeda sama ramen yang punya tingkat kepekatan kuah yang umumnya bisa dipilih dari ringan, sedang sampai kental.

15. Takoyaki

Di urutan terakhir makanan buka puasa ala Jepang ada Takoyaki. Makanan sejuta umat yang sekarang ada dimana-mana ini pas banget buat dimakan ketika masih hangat. Dengan 1 porsi yang isinya sekitar 6 buah takoyaki ini bikin perut kamu gak terlalu kenyang tapi juga gak terlalu sedikit buat ngemil.

Nah itu dia daftar makanan buka puasa ala Jepang yang bisa dicoba. Agar menumbuhkan semangat ketika berpuasa, sesekali boleh kok makan makanan Jepang yang sedikit mahal. Asal jangan keseringan. Selamat Berpuasa!