Pecah! Say Good Bye Blok M, Ennichisai Tahun Depan Pindah Lokasi!

HOBIKU.NET – Festival seni dan kuliner Jepang Little Tokyo Ennichisai 2019, tahun ini adalah pelaksanaan Ennichisai yang ke-10 dan dirayakan sebagai 10th Anniversary dengan mengambil tema “Danketsu” atau “Unity”.

Bertempat di kawasan Blok M dan digelar selama dua hari tepatnya pada 22-23 Juni 2019, ini berhasil berjalan dengan sukses dengan meraup sebanyak lebih dari 300.000 orang pengunjung yang memadati kawasan tersebut.

Padatnya pengunjung di berbagai area tersebut membuktikan besarnya antusiasme masyarakat terhadap seni dan budaya Jepang.

Selain kuliner Jepang yang sangat beragam, pengunjung juga dapat menikmati perlombaan cosplay, aneka pernak-pernik khas Jepang, lembaga edukasi budaya Jepang, serta serunya arak-arakan khas tradisional Jepang ‘mikoshi’ mulai dari pembukaan acara di hari pertama hingga penutupan di hari terakhir acara berlangsung.

Tidak hanya itu saja, ada 3 panggung yang kembali memeriahkan Ennichisai 2019, yaitu Main Stage yang berisi acara kebudayaan Tradisional Jepang dan Indonesia, Pop Stage yang berisi acara kebudayaan pop culture Jepang seperti cosplay dan j-pop music, dan Chika Stage yang berisi acara band dan dance dari komunitas pecinta kebudayaan Jepang.

Di tengah kemeriahan event yang telah digelar selama 10 tahun ini, muncul kabar di mana tahun ini akan menjadi penyelenggaraan Ennichisai terakhir di Blok M. Perhelatan ini dipastikan akan tetap digelar pada tahun 2020 mendatang, namun di lokasi baru yang disebut-sebut akan lebih luas.

Para panitia penyelenggara pun juga melakukan evaluasi agar penyelenggaraan acaranya nanti akan menjadi lebih baik.

Terkait lokasi perhelatan event Ennichisai dipastikan akan pindah pada tahun depan, hingga berita ini ditulis kami belum mendapatkan informasi detail tepatnya dimana.

Sebagai informasi, festival ini sudah berlangsung sejak 2010 dan didanai oleh pengusaha Jepang serta pemilik tempat usaha di Blok M sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih dari warga Jepang yang diberikan kesempatan menjalankan usaha dan tinggal bersama di Blok M. Festival ini bertujuan mengenalkan kawasan Blok M sebagai destinasi pariwisata dan kuliner dari Jakarta Selatan.