Pemandangan Indah Watu Ireng Kandangserang-Pekalongan

HOBIKU.NET – Kalau di Kabupaten Sintang, Kalimantan barat ada Gunung Kelam yang merupakan gunung batu monolit yang paling besar di dunia, maka di Pekalongan juga punya Bukit Watu Ireng atau bahasa kerennya Black stone yang mempunyai karakteristik hampir sama dengan Gunung Kelam.

Bukit Watu Ireng ini terletak di lereng Gunung Rogojembang yang termasuk dalam wilayah Desa Lambur, Kecamatan Kandang Serang, Kabupaten Pekalongan. Berjarak sekitar 20km dari alun-alun Kajen yang merupakan pusat dari Kabupaten Pekalongan.

Bukit Watu Ireng mempunyai luas sekitar 2 hektar, kita bisa melihat pemandangan kearah hutan pinus dan karet serta perkebunan dan sawah warga sekitar yang sangat hijau dan menyejukan.

Sejauh mata memandang kita akan melihat pemandangan yang sangat menyenangkan. Di tambah lagi dengan udara sejuk pegunungan akan membuat siapa saja betah berlama-lama untuk menikmati pemandangan indah dari Bukit Watu Ireng ini.

pemandangan bukit watu ireng foto by Widyawati galeri

Ada satu keunikan yang bisa kita temukan saat berada di atas Bukit Watu Ireng yaitu jika kita menghentakan kaki di atas batu tersebut maka akan mengeluarkan bunyi seperti suara gong.

Bukit Watu Ireng ini ternyata menimpan banyak cerita mistis. Menurut cerita masyarakat sekitar, di Bukit Watu Ireng ini terdapat pintu yang bisa menghubungkan  kedalam sebuah gua yang ada di dalam watu tersebut. Di percaya bahwa di dalam gua tersebut terdapat satu set gamelan dan juga beberapa gaman yang di anggap kramat. Tapi hanya orang tertentu saja yang bisa melihat dan masuk ke dalam gua tersebut.

foto by widyawati galeri

Pemandangan indah alam Kabupaten pekalongan ini semakin hari semakin di gemari oleh para peloncong dari berbagai  daerah, Karna banyak potensi wisata alam di wilayah ini yang menyuguhkan keindahan seni yang maha kuasa. Seperti di Petungkriyono ada Curug Bajing, Curug Muncar dll, Sedangkan di kandangserang ada Bukit Pawuluhan dan Black Stone yang sangat eksotis ini.

Bagi anda pecinta alam atau yang ingin pengalaman lain seputar keindahan alam Pekalongan. Maka Bukit Watu Ireng bisa menjadi alternatif tempat rekreasi paling mengasikan di Pekalongan.(arie/hobiku)