PlayStation 5 Jamin Durasi Loading Bakal Lebih Cepat

HOBIKU.NET – Perlahan tapi pasti, kemampuan PlayStation 5 (PS5) perlahan mulai diungkap Sony. Teranyar, konsol game terbaru itu diklaim mampu kemampuan membaca data permainan alias loading game dengan cepat.

Informasi ini terungkap setelah jurnalis The Wall Street Journal yang, Takashi Mochizuki mengunggah video presentasi cara kerja PlayStation 5 via akun Twitter-nya.

Video presentasi tersebut memperlihatkan seorang eksekutif Sony sedang memutar video untuk mensimulasikan perbedaan kecepatan yang sangat besar dalam membaca data permainan antara PlayStation 4 Pro (model PS4 performa tertinggi Sony saat ini) dengan konsol baru yang disebut sebagai “Next Generation”.

Hasilnya, terlihat loading video pembuka dari game Spider-Man yang digunakan untuk demo berjalan cepat di konsol “Next Generation” Sony, hanya membutuhkan waktu 0,83 detik. Sementara di PS4 Pro memerlukan durasi 8 detik.

Sayangnya, Sony belum mengumumkan spesifikasi PS5 secara resmi. Meski begitu, Kepala Pimpinan Arsitek PS4 Mark Cerny sempat memberikan bocoran saat melakukan wawancara bersama Wired.

Saat itu, ia mengatakan bahwa PS5 dibangun berdasarkan arsitektur PS4, sehingga bisa memainkan game-game PS4.

Selain itu, PlayStation generasi baru itu akan ditenagai chip AMD Ryzen generasi ketiga yang memiliki delapan inti (octa-core) microchip Zen 2 berukuran 7 nm.

Satu hal lagi, PS5 kemungkinan akan menggabungkan konsol game tradisional dengan teknologi cloud gaming yang saat ini tengah berkembang.

Untuk merealisasikan hal ini, Sony menggandeng Microsoft dalam untuk mengembangkan penyimpanan data game dari cloud.