PUBG Mobile di India Gak Jadi Dilarang Cuma Dibatasi Durasi Bermain, Kominfo: Menarik Untuk Dikaji

HOBIKU.NET – Game Mobile Player Unkown Battleground (PUBG) kembangkan fitur terbaru di India berupa batasan durasi bermain untuk penggunanya.

Hal tersebut diklaim sebagai upaya untuk mengatasi kencaduan para pemain serta mencegah dampak negatif dari gim tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerepan mengungkapkan, pihaknya telah memiliki aturannya sendiri terkait bermain game guna mencegah dampak negatif terhadap pemainnya.

Ia mengatakan permainan seperti PUBG yang menampilkan adegan kekerasan boleh dikhususkan untuk pemain berusia 18 tahun ke atas.

“Di Kominfo sebetulnya sudah ada batasan umur. Jadi, semua gim itu harus menetapkan batasan umur, dari 3 tahun, 7 tahun, 13 tahun, dan 18 tahun. Untuk PUBG masuknya untuk 18 tahun ke atas,” jelas Semmy.

Fitur batasan waktu tersebut membuat pemain PUBG di India hanya bisa melangsungkan permainan selama enam jam perharinya.

Setelah melewati waktu tersebut, pemain akan secara otomatis keluar dari permainan.

Semuel menilai, fitur yang diterapkan Tencent sangat menarik, namun hal tersebut tetap perlu dikaji dan disesuaikan dengan apa yang ada di Indonesia.

“Kalau pembatasan itukan artinya harusnya serempak. Nah itu mau nggak masyarakat diatur. Itu bukannya urusan pribadi ya, bukan urusan ini,” ungkap Semuel.

“Karena kan game-nya banyak, pembatasan game kan harus sama semuanya, serempak. Kalau pembatasan waktunya,” tambahnya.