Berawal dari Hobi Menggambar, Gadis Asal Yogyakarta Ini Raih Penghasilan Jutaan Rupiah

HOBIKU.NET – Pada awalnya dari hobi dan bakat menggambar yang dimilikinya sejak kecil oleh seorang perempuan asal Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta ini sukses menghasilkan jutaan Rupiah. Riska Gantari (26) begitulah nama lengkap wanita ini yang sering kali mendapat penghasilan dari pengguna jasa keahliannya.

Berawal dari teman-teman dekatnya yang memakai jasa dirinya untuk membuat buku cerita bergambar hingga ada yang meminta dia untuk menjadi ilustrator hingga sekarang.

Sebagaimana yang telah dikutip dari laman kabarhandayani.com, Riska mengaku mulai dan menyukai menggambar sejak dirinya masih kecil. Dirinya kerap kali menggambar karakter-karakter kartun yang terinspirasi dari anime Sailor Moon yang sempat popupler di era tahun 90-an.

“Sejak saya masih kecil dulu itu suka menggambar kartun,” ungkap mahasiswa S2 di Universitas Negeri Yogyakarta tersebut.

Dalam membuat satu sketsa sederhana dara cantik ini membutuhkan waktu sekitar lima hingga sepuluh menit tapi tergantung dari gambar itu sendiri jika rumit maka ia bisa menghabiskan berjam-jam lamanya.

“Paling sulit adalah menggambar tokoh seperti komik karena harus disertai jalan cerita dan keadaan tokohnya itu sendiri. Ekspresinya harus jelas dan terukur. Jadi harus lebih detail lagi dan harus benar-benar diperhatikan,” jelasnya.

Dirinya pun tidak mematok harga khusus bagi para pengguna jasa semua bervariasi antara 50 hingga 100 ribu perlembar semua tergantung dari ukuran dan tingkat kesulitannya.

Meskipun semua karya-karyanya sudah dikenal oleh banyak orang serta menghasilkan, Riska tetap memilih menggambar hanya sekedar hobi untuk melepas lelah. Dia juga tidak mematok target tertentu dalam hal menggambar.

“Saya untuk sekarang lebih memilih fokus pada kuliahku. Menggambar tetap menjadi bagian dari hobi saya saja. Jika ada seseorang yang berkenan membeli karya saya itu hanyalah bonus,” tutup wanita ramah dan berpenampilan sederhana tersebut. (rob/hobiku)