Akankah Sasuke atau Naruto Menyegel Tanda Kutukan dan Kekuatan Mata Boruto Nantinya?

HOBIKU.NET – Fakta anime Boruto terbaru, sebelumnya kita sudah membahas beberapa ulasan menarik yang terjadi di dalam anime Boruto baru-baru ini. Maka dari itu kali ini kita akan mencoba membahas mengenai tanda kutukan yang terdapat pada Boruto dalam manga Boruto: the Next Generation.

Seperti yang kita tahu semua bahwa Boruto telah menerima tanda kutukan dari Momoshiki setelah ia mampu mengalahkan dan membunuhnya dengan Rasengan. Lalu pada chapter awal pada manga juga menampilkan Boruto yang sudah dewasa dengan memiliki tanda kutukan dan kekuatan mata misterius di bagian kanannya.

Mengenai Dojutsu dari Boruto adalah hal lain untuk kita bicarakan yang terpenting yaitu segel kutukan tersebut dimana merupakan inti misteri awal dari jalan cerita manga Boruto. Jadi yang dibahas disini adalah apakah diantara Sasuke atau Naruto nantinya akan menyegel tanda kutukan dan kekuatan mata milik Boruto?

Untuk memulai pembahasan ini yang disertai berbagai opini pribadi, di beberapa kesempatan dan saya menyakini bahwa pihak studio sebelum pembuatan anime Boruto telah melalui banyak percakapan dengan tim editor pembuat manga Boruto sehingga nantinya ada hal-hal tertentu pada satu titik dimana kedua jalan cerita dua versi ini akan menjadi satu jalan cerita yang saling terhubung antara manga dan anime Boruto itu sendiri.

Pasalnya, kekuatan mata milik Boruto ini terungkap pertama kalinya di chapter awal pada manga Boruto: the Next Generation kemudian pada cerita selanjutnya tidak pernah dimunculkan kembali, lalu kekuatan mata Boruto ini sering muncul di dalam anime dan tidak pernah dihadirkan sama sekali di dalam cerita Boruto: Naruto the Movie.

Hal yang wajar jika dalam cerita film Boruto tidak ditampilkan kekuatan mata milik Boruto tersebut disebabkan mereka tidak tahu itu bahwa akan dibuat jalan cerita selanjutnya ke dalam versi anime, sehingga mereka tidak pernah berpikiran untuk memperkenalkan kemampuan mata Boruto ini.

Jadi bisa dikatakan jalan cerita dalam anime inilah yang berubah, namun masih belum jelas apakah dalam anime ini nantinya terkait dengan benang merah di manga aslinya terutama dari pertarungan Boruto dan Kawaki di masa depan, sama berlakunya untuk tanda kutukan tersebut di dalam anime Boruto nantinya.

Ketika Boruto mendapatkan tanda kutukan dari Momoshiki. Foto: dok pribadi

Sehingga nampak sedikit jelas perbedaannya meskipun jalan cerita manga masih berpatokan dengan cerita dalam film Boruto itu sendiri, setidaknya ada perbedaan sedikit maka dari itu mereka mengedit sedikit akhir cerita dimana pada adegan terakhir kalahnya Momoshiki itulah Boruto mendapatkan tanda kutukan tersebut.

Mungkin ini jadi suatu alasan tersendiri bagi mereka mengapa kekuatan mata Boruto ini tidak ditampilkan di cerita selanjutnya dalam manga dan mengapa kekuatan mata milik Boruto di masa depan ditutupi ketika dirinya tampil pertama kalinya. Bisa jadi ada kemungkinan nantinya diantara Naruto atau Sasuke yang menyegel kekuatan mata dari Boruto tersebut.

Penampilan Boruto Pertama kali di Manga, dimana kekuatan Matanya ditutup seakan-akan tersegel. Foto: dok pribadi

Ingatkah kalian dimana Toneri muncul dalam mimpi Boruto di anime dan ia menyebutkan bahwa mata Boruto adalah sebagai bintang harapan. Selain itu dia juga menyebutkan bahwa cahaya dimatanya akan menerangi jalan menuju kegelapan, hal ini menyiratkan bahwa kekuatan mata Boruto ini jahat.

Bisa juga Toneri berkata seperti itu karena dirinya sudah mengetahui hal tersebut dimana didalam mata dan tubuh Boruto terdapat tanda kutukan yang berasal dari Momoshiki yang secara Toneri dan Momoshiki tidaklah jauh berbeda masih satu darah klan Otsutsuki. Jadi inilah kemungkinan potensi yang menyebabkan di masa depan desa Konohagakure hancur seperti penampilan pertama dimana ketika Boruto sedang berhadapan dengan Kawaki.

Momoshiki mengetahui bahwa Boruto ada hubungan darah dengan Byakugan. Foto: dok pribadi

Jika dikaitkan lagi dengan tanda kutukan miliknya bahwa di masa depan ketika Boruto membuka mata kanannya tampak tanda kutukan yang berasal dari Momoshiki ini dengan sendirinya aktif hal ini mengingatkan kembali dengan pernyataannya “suatu saat nanti, mata birumu akan merenggut semua hal yang kau miliki.”

Ada kemungkinan nantinya Naruto dan Sasuke akan menyegel tanda kutukan Boruto yang berasal dari Momoshiki sehingga ia merasa tak terganggu lagi dengan kekuatan yang seharusnya ia tak terima tersebut. Mesikpun di dalam manga nya sendiri masih belum diceritakan tentang kekuatan dan kemampuan mata dari Boruto ini, namun setidaknya yang menjadi benang merah saat ini adalah tanda kutukan dari Momoshiki.

Sasuke yang menyadari keberadaan sisa keberadaan Momoshiki. Foto: dok pribadi

Naruto dan Sasuke sangat baik dalam kemampuan menyegel sehingga mereka akan menyegel tanda kutukan dan kekuatan mata milik Boruto sehingga akan diaktifkan kembali jika sudah waktunya. Apabila dikaitkan pembahasan diatas tadi dengan jalan cerita anime Boruto adanya kemungkinan bahwa kekuatan mata milik Boruto itu telah bangkit terlebih dahulu.

Setelah bangkitnya kekuatan mata milik Boruto lalu ditambah adanya insiden tanda kutukan yang diberikan oleh Momoshiki entah bagaimana selanjutnya kekuataan mata milik Boruto ini ikut terbawa dampak efek negatif yang berasal dari tanda kutukan tersebut. Sehingga nantinya kekuatan mata Boruto ini menimbulkan hal-hal yang negatif dan tak terduga disekitarnya sehingga Naruto dan Sasuke nantinya akan menyegel tanda kutukan sekaligus kekuatan mata Boruto tersebut. (den/hobiku)