Selain Cosplayer, Wulan Kusuma Ternyata Atlet Taekwondo Dengan Segudang Prestasi

wulan

HOBIKU.NET- Taekwondo merupakan seni bela diri dari Korea, taekwondo mempunyai arti Tae(kaki), Kwon (pukulan) dan Do (seni), jadi taekwondo berarti seni bela diri menggunakan kaki dan tangan sebagai senjata beladiri untuk menaklukan lawannya.

Taekwondo dibagi menjadi dua yaitu WTF (world taekwondo federation) dan ITF (international taekwondo federation).

taekwondo WTF berarti seni bela diri yang safety dan aman, saat bertarung mempunyai pelindung yang lengkap , dan di Indonesia menggunakan taekwondo WTF.

Taekwondo WTF ( source: google)

Sedangkan taekwondo ITF yaitu teknik yang digunakan mirip seperti karate dengan memakai sepatu dan handglaves tanpa pelindung badan dan lebih ke self defence.

Taekwondo ITF (source : google)

Taekwondo yang mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 1970-an ini semakin diminati banyak orang seperti Wulan Kusuma dara cantik yang juga seorang cosplayer ini  lahir di Kefamenanu ( Nusa tenggara timur) pada 18 maret 2001 dan sekarang ia menetap di Bandung. Ia menekuni seni bela diri taekwondo, ia mulai belajar taekwondo sejak kelas 8 SMP, saat itu ia berusia 13 tahun.

Wulan saat melakukan split ( foto by wulan)

 

Awalnya hanya untuk  sekedar mengisi waktu luang, dan pada suatu hari keluarganya menyuruh ia untuk mengikuti turnamen taekwondo, agar suatu saat ia bisa melebihi kakaknya yang juga seorang atlet taekwondo.

wulan saat sedang melakukan dolyo chagi ( foto by wulan)

Dari situlah ia mulai termotivasi untuk terus belajar dan menekuni seni bela diri tersebut, dan pada akhirnya dengan tekad dan usaha keras ia mendapat medali emas pada kejuaraan yang baru pertama kali ia ikuti.

Menurutnya ini benar-benar di luar dugaan, karena lawan yang dihadapinya merupakan seniornya yang telah lebih lama terjun di dunia taekwondo.

Semenjak itu ia mulai sangat suka dengan seni bela diri asal Korea ini apa lagi pada saat taekwondance dan demonstrasi di setiap kali ada kejuaraan.

Usaha keras memang takkan menghianati , sehingga sampai saat ini ia telah memiliki segudang prestasi yang telah diraih dalam karirnya di dunia taekwondo ini, seperti juara 1 Poomsae junior individu putri ( Wali kota Bandung cup) pada tahun 2016, juara 1 Poomsae senior putri ( Bandung pandawa taekwondo turnament) pada tahun 2017, juara 3 Poomsae individu putri (Gubernur Cup Jawa Barat) pada tahun 2017.

senjumlah penghargaan dari semua prestasi yang telah diraihnya (foto by wulan)

Ia mempunyai pesan bagi kalian yang ingin belajar seni bela diri “kalau ingin belajar bela diri jangan hanya diikuti dan dilihat tetapi harus ditekuni, jika ingin bisa berguna dan menjadi lebih baik lagi”.

Jangan terlalu takut menghadapi orang-orang berbakat, karena tidak semua orang yang sukses di dunia ini adalah orang berbakat, kebanyakan dari mereka menjemput kesuksesan dengan terus berdoa, semangat belajar dan usaha keras yang tinggi.

(Aniki Ryan/hobiku.net)