Cosplay Indonesia

Mengenal Lebih Dekat Sharwock San ‘Shadowmoon’

sharwock san

HOBIKU.NET – Tokusastu yang sering dikenal kamen rider pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 90-an. Dan kamen rider yang sangat dikenal bagi anak-anak era tahun 90-an tak lain adalah Satria Baja Hitam dan Satria Baja Hitam RX.

Tidak hanya serial film kamen rider saja yang diminati oleh sebagian kalangan masyarakat di Indonesia. Cosplay Tokusastu pun juga banyak digemari terutama dari salah satu cosplayer satu ini yang dikenal dengan panggilan Sharwock San.

Cosplayer yang identik dengan kostum Tokusastu Shadowmoon yang merupakan rival dari Satria Baja Hitam RX ini tidak hanya menggeluti dunia cosplayer Tokusatsu saja, ia juga sudah menghasilkan beberapa karyanya sebagai costum maker serta juga mengkoleksi beberapa action figure Tokusastu dan lain sebagainya.

Sharwock San memulai cosplayer menjadi karakter Shadowmoon, sekitar akhir tahun 2016. Dan untuk urusan kostum ia mengakuinya membuat sendiri ketimbang membeli jadi satu set kostum yang sudah menjadi ikon dirinya tersebut.

“Tuku e larang, hahaha (belinya mahal),” kenang bapak satu anak ini mengingat pertama kalinya dia membuat dan mengenakan kostum Shadowmoon.

Uniknya Sharwock San yang berasal dari kota Yogyakarta ini merupakan seorang guru di SMK N Sepaku Kalimantan. Sontak saja membuat tim hobiku.net saat mewawancari beliau sedikit tergelitik untuk menanyakan lebih lanjut perihal hobinya ini.

Sharwock San (tengah) bersama dengan teman-teman cosplay Tokusatsu. Foto: Facebook Sharwock San

“Bapak ini unik seorang guru kok lebih menyukai karakter yang menjadi penjahat di serial Satria Baja Hitam RX? lalu tanggapan murid dan guru lainnya serta warga lingkungan sekitar bapak yang melihat sosok guru menjadi Shadowmoon?” tanya tim hobiku.net

“Kalau tanggapan dari siswa saya mayoritas pada suka meskipun ada beberapa belum mengetahui apa itu dunia cosplay, jadi perlu dijelasin. Sedangkan teman instansi banyak yang mendukung tentang hobi saya dan sebagian ada yang beranggapan biasa saja. Dan diluar instansi banyak yang suka bahkan ada beberapanya tertarik.” jawabnya.

Namun bagi Sharwock San sengaja memilih karakter ini karena ikonik dan bisa dibilang tidak terlalu banyak yang menggunakan karakter itu sebagai cosplay. Meskipun karakter ini rival dari Kotaro Minami namun dirinya sangat menyukai Shadowmoon yang sudah menjadi bagian darinya.

Terlebih lagi dukungan dari keluarga yang sangat positif menanggapi hobinya tersebut. Tidak hanya bercosplay saja, bapak guru ini juga pembuat mini figur terutama dari berbagai karakter dari seri Kamen Rider.

Mini figure karya Sharwock San. Foto: Facebook Sharwock San

“Sama halnya dengan kostum, selama masih bisa membuat mini figure sendiri kenapa harus membelinya… haha,” ungkapnya

“Biasanya saya menjual mini figure dari beberapa karakter seri kamen rider ini seharga 250 ribu per-item,” jawabnya ketika disinggung mengenai harga mini figure buatannya. Namun ada beberapa sebagian mini figure yang dihargai khusus yang disebabkan oleh tingkat kerumitan dalam proses pembuatannya biasanya ia mematok harga 500 ribu per-itemnya.

“Jadikan hobi sebagai atm pribadi.” Tutupnya. Dan untuk kalian yang kepo sama Sharwock San bisa langsung search saja FB nya dengan foto profil shadowmoon, jika ketemu buru-buru di add atau pm buat tanya-tanya ingin membuat kostum atau mini figure darinya.

Hobi dan kreativitas tidak mengenal profesi dan usia selagi itu positif serta ada kemauan keras. (rey/hobiku)

To Top