Sugoi! Bayi Terkecil Dunia dari Jepang Kini Sudah Hidup Normal

HOBIKU.NET – Belum lama ini di Jepang, lahir seorang bayi terkecil di dunia dengan bobot hanya 268 gram. Bayi prematur yang lahir di Tokyo itu berhasil selamat dari proses persalinan yang menegangkan dan dirawat secara intensif, dan minggu lalu telah kembali ke rumahnya.

“Saya awalnya merasa sangat khawatir dan bahkan tidak yakin dia akan bisa bertahan hidup. Tapi sekarang saya bahagia dia telah tumbuh besar,” kata ibunya sebagaimana dilaporkan kantor berita AFP.

Tentu ini sebuah mukjizat, karena bayi ini hanya berusia 24 minggu, yang katanya hanya sebesar bawang bombay. Untuk menjaga privasi, media setempat sengaja menyembunyikan identitas ibu dan bayi ini agar keduanya tetap aman tanpa terganggu apapun.

Hebatnya adalah, sebelum pulang, ia sudah menjalani proses perawatan dan penambahan bobot tubuh selama 5 bulan lamanya. Sehingga saat pulang, sudah memiliki bobot 3,238 kg.

Bayi mungil ini terpaksa harus dilahirkan karena mengalami gagal tumbuh selama ada di dalam rahim.

Pencapaian medis ini layak diacungi jempol karena mereka memastikan gagal tumbuh itu diakibatkan oleh perkembangan paru-paru bayi lelaki yang akan lebih lambat daripada bayi perempuan, maka rata-rata harapan hidup untuk bayi terkecil laki-laki lebih rendah ketimbang perempuan.

Keio University Hospital di Tokyo yang menyelamatkan bayi ini, mengaku sangat optimis bahwa bayi ini akan sehat-sehat saja, Meski status sebagai bayi terkecil itu kini mengalahkan rekor bayi terkecil di dunia yang mampu selamat yang ada di Jerman yang lahir pada tahun 2009.

Saat itu, lahir bayi laki-laki dengan berat hanya 274 gram dan ada bayi perempuan yang hanya seberat 252 gram saja.

“Saya ingin menunjukkan bahwa selalu ada kemungkinan bayi menjadi lebih sehat dan hasil ini menunjukkan bahwa kesehatannya memang menjadi lebih baik meski ia terlahir sangat kecil,” kata dokter Takeshi Arimitsu dari Keio, yang berhasil menyelamatkan si kecil ini.