Tetap Berolahraga dan Selalu Menjaga Kebersihan Lingkungan di Masa Pandemi

HOBIKU.NET – Olahraga merupakan aktivitas yang bermanfaat untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Aktivitas ini dapat juga menjadi hiburan bagi yang melakukannya. Namun, di masa pandemi ini masyarakat yang biasanya berolahraga bersama dapat menjalaninya secara terbatas. Tetap berolahraga di rumah adalah cara terbaik untuk sehat dan tidak terpapar COVID-19.

Masyarakat yang ingin berolahraga bersama tetap dapat melakukan dengan berbagai syarat. Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga mengeluarkan surat edaran dengan Nomor 6.11.1 Tahun 2020 Tentang Protokol Kesehatan Pencegahan Penularanan COVID-19 pada kegiatan Kepemudaan dan Keolahragaan. Pada surat edaran tersebut, beberapa kegiatan olahraga di tempat umum sudah dapat dilakukan kembali.

“Senam aerobik merupakan salah satu latihan kardio yang sangat efektif untuk membakar lemak tubuh. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, senam aerobic sangat baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Dari aktivitas aerobik itulah kita bisa mendapatkan kebugaran didalam tubuh kita,” ujar Fitri instruktur senam dan salah satu anggota pkk Rt 006/010 Semanan, Minggu (18/10/2020).

Para ibu-ibu Rt 006/010 Semanan mengikuti kegiatan senam aerobik di halaman rumah salah satu warga, yang rutin diadakan setiap hari minggu pukul 06.00 hingga selesai. Senam aerobik diawali dengan gerakan pemanasan diiringi lagu yang diputar yaitu campuran lagu dangdut memasuki gerakan inti, tempo gerakan semakin cepat ditambah musik dangdut koplo dan lagu tiktok yang semakin membuat semangat serta berkeringat.

Gerakan senam aerobic dilanjutkan dengan pendinginan, gerakan yang cukup unik untuk sebuah pendinginan, yaitu merupakan gerakan pengencangan bagian tubuh bagian bawah ibu-ibu, namun masih dengan musik yang bertempo cepat.

“untuk saat ini kami hanya bisa memakai halaman salah satu warga untuk kegiatan senam kami,kedepannya kami akan bekerja sama dengan karang taruna agar di sediakan tempat yang lebih luas dan bisa mengajak ibu-ibu yang lain di kegiatan senam aerobik kami.” pungkasnya.

Disaat yang bersamaan, anggota dan pengurus karang taruna Rt 006/010 Semanan sedang melakukan kegiatan kerja bakti yang di bantu oleh warga sekitar.

“Ini adalah kegiatan rutin kami di setiap hari minggu, untuk meminimalisir terjadinya banjir kami mengadakan kerja bakti untuk mengeruk sampah dan lumpur yang ada di selokan.” ujar Haris koordinator dari pengurus karang taruna setempat.

“Kedepannya kami akan bekerjasama dengan ibu-ibu pkk di wilayah kami, agar dapat saling bantu di setiap kegiatan, Dan bukan hanya dengan ibu-ibu pkk saja, tetapi dengan segala golongan dan instansi yang berada di wilayah kami.” pungkasnya. (arie/hobiku)