Inilah 10 Tips Belajar Cepat Pintar dan Efisien

HOBIKU.NET – Belajar adalah salah satu kegiatan rutinitas yang umum dilakukan oleh kebanyakan orang hampir di seluruh dunia. Ketika menginjak usia 7 tahun tentunya kita sudah mengalami masa belajar di sekolah dasar dan seterusnya hingga ke perguruan tinggi.

Namun adakalanya dalam kondisi tertentu kegiatan belajar menjadi tidak mengenakan. Disaat guru umumkan akan ada ujian dadakan hal tersebutlah yang membuat belajar menjadi tak mengenakan karena diberikan batas waktu yang singkat.

Setidaknya membutuhkan waktu sebulan untuk belajar dengan cara mengulangi mata pelajaran sebelum mengikuti ujian. Hal ini tidaklah berlaku bagi teman-teman yang masih duduk di bangku sekolah jadi materi banyak sudah tidak menjadi masalah lagi untuk mengulanginya ketika ada ujian dadakan.

Berikut ini setidaknya ada 10 tips cara pintar untuk mengoptimalkan waktu belajar kalian menjadi lebih efektif, diantaranya ialah:

1. Belajar bukan sekedar hanya menghafal tapi harus memahami

Fungsi utama dari belajar yaitu harus memahami hal-hal baru yang kalian temui. Dalam belajar tidak ada larangan khusus untuk menghafal semua materi secara detail dari pelajaran itu sendiri.

Hal utama dari belajar yaitu harus mengerti dengan apa dari semua materi yang akan dihafal nantinya. Alangkah baiknya sebelum menghafal dibiasakan untuk memahami dulu garis besar dari semua materi pelajaran yang diberikan.

2. Kunci Belajar adalah Membaca

Cara agar kita bisa paham materi pelajaran setidaknya bacalah dua kali dalam sehari, dimana sebelum diterangkan oleh guru bahkan sesudahnya. Karena jika kita membiasakan hal itu maka fungsi otak kalian akan terbiasa mengolah materi yang kita baca sebanyak dua kali dipastikan akan tersimpan cukup lama dibandingkan dengan orang yang tidak gemar membaca.

3. Cari waktu yang tepat saat belajar

Belajar yang efisien dan nyaman ketika saat badan kita masih fresh. Waktu yang tepat adalah pagi hari karena kalian dapat berkonsentrasi secara penuh. Jadi manfaatkan waktu pagi hari itu untuk membaca dan menghafal materi-materi baru dan untuk sisa waktu bisa digunakan untuk mengulangi pelajaran serta mengerjakan PR.

4. Rangkum catatan dari inti pelajaran

Hal ini penting dilakukan untuk menyiasati supaya kalian tidak mencatat pelajaran secara panjang. Selain buang waktu dan tidak efisein cendrung dengan mencatat keseluruhan pelajar membuat diri kalian merasa malas tuk membacanya. Fungsi lainnya adalah kata-kata rangkuman inti catatan itu nantinya akan berguna sewaktu-waktu kalian mengulang pelajaran selama ujian.

5. Biasakan membuat kata-kata kunci dan hafalkan

Dengan cara membuat kata-kata kunci dari rangkuman catatan tadi agar kalian mudah untuk menghafalnya. Selain mudah mengingat, hal tersebut membuat otak kita lebih cepat merespond jika menemukan soal pertanyaan. Kata kunci disini bisa kalian kembangkan dengan sendirinya entah itu seperti singkatan ataupun kode yang menurut kalian mudah.

Salah satu contohnya adalah ketika ada sebuah pertanyaan pelangi memiliki berapa warna dan sebutkan tentunya jika kita menghafal keseluruhannya pasti ada saja yang tidak mengingatnya. Berbeda dengan cara menggunakan metode kata kunci atau singkatan dari jawabannya seperti MEJIKUHIBINIU yang artinya Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Nilai dan Ungu.

6. Melatih kemampuan diri kalian sendiri

Kemampuan otak sebenarnya kita bisa latih sendiri ketika disaat jam pelajaran akan selesai. Biasanya pada waktu itu sering kali guru memberikan sebuah pertanyaan yang terkait dengan materi yang telah ia terangkan.

Tidak ada salahnya untuk mencoba menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh guru tanpa harus ditunjuk terlebih dahulu. Karena dari sanalah kita akan mengetahui kemampuan kalian dari menjawab semua pertanyaan yang guru berikan.

7. Buatlah suasana belajar yang nyaman

Bangun suasana belajar yang nyaman banyak sekali caranya. Salah satunya bisa mencoba untuk mendengarkan lagu kesukaan kalian yang berfungsi untuk menciptakan mood ketika belajar.

Masalah tempat untuk belajar pun tidak menjadi masalah jika kalian bosan di kamar bisa juga dilakukan di luar rumah seperti ke perpustakaan. Intinya jangan sampai aktivitas belajar tidak mengganggu dan terganggu di sekeliling kalian.

8. Cobalah membentuk kelompok belajar

Terlalu lama belajar sendiri tentunya ada rasa bosan pada diri sendiri. Tidak ada salahnya belajar bersama teman-teman kalian. Dan paling efektif ketika belajar bersama teman setidaknya lima orang saja karena kalau terlalu ramai malah tidak bisa berkonsentrasi.

Membuat pembagian tugas materi untuk masing-masing yang kalian pelajari nanti. Selanjutnya setiap orang dalam kelompok belajar tersebut secara bergantian menjelaskan materi yang dikuasainya itu ke seluruh anggota kelompok lainnya.

9. Materi yang sudah dipelajari harus dikembangkan

Jika kalian sudah mengulangi materi dan selesai mejawab semua soal latihan tidak ussah terburu-buru untuk menutup buku kalian. Cobalah membuat soal pertanyaan yang belum tertera pada buku ataupun soal latihan kalian.

Dan selanjutnya minta tolonglah kepada guru kalian masing-masing untuk menjawab dari pertanyaan yang kia buat. Dan kalian merasa tidak puas dengan apa yang dijawab oleh guru, coba cari jawabannya melalui buku-buku referensi lainnya atau internet.

10. Sisihkan waktu untuk beristirahat

Giat belajar memang tidak ada salahnya, tapi jangan sampai lupa waktu dan berisitirahat. Waktu istirahat pun berlaku di sekolah, setiap 30 hingga 45 menit kita bisa istirahat dalam aktivitas-aktivitas belajar. Tidak hanya di sekolah saja gunakan waktu isirahat di rumah pun harus dilakukan.

Percuma saja memaksakan diri untuk belajar jika dipikiran kalian sudah merasa jenuh. Lebih baik beristirahat sejenak dan tentunya setelah istirahat badan kita akan merasa lebih fress begitu pula dengan otak kita.

Tujuan utama dari ulangan atau ujian sebenarnya adalah untuk mengukur tingkat sejauh mana kemampuan kalian untuk memahami materi pelajaran di sekolah. Salah satu contoh dengan cara menjelaskan dengan kata-kata dari diri kalian sendiri untuk setiap materi yang sudah di pelajari sudah paham atau belum.

Nantinya kalian bisa coba jelaskan dengan kata-kata dari diri kita yang sudah mempelajari semua materi yang telah diberikan. Jika kalian bisa dan mampu untuk menerangkan dengan cara yang jelas serta teratur dan tidak perlu terlalu detail, berati kita sudah benar-benar paham. (rob/hobiku)